Waspadai Penyakit Vitiligo Penyebab Kanker Kulit, Ketahui Yuk Cara Pengobatannya

Penyakit vitiligo adalah kondisi dimana kulit kehilangan pigmentasi (warna). Warna kulit akan hilang di bagian-bagian tertentu, sering terjadi pada wajah, tangan dan ketiak. Jika tidak segera diatasi penyakit ini bisa mematikan penderitanya, tapi warna kulit bisa berubah kembali normal dengan pengobatan yang tepat.

Biasanya akan timbul bercak putih baik kecil atau sangat lebar pada penderita vitiligo. Bercak ini disebabkan sel-sel yang memproduksi melanin mati, akibannya pigmen kulit memudar. Kalau dibiarkan bercak-bercak putih ini bisa bertambah banyak dan membesar. Penyakit vitiligo tidak menular, tapi bisa diturunkan kepada keluarga. Jika mengalaminya tentu membuat penderita kehilangan rasa percaya diri dalam bergaul.

Penyakit vitiligoPenyakit vitiligo dapat menyerang siapapun baik pria maupun wanita dengan rentang usia 20-40 tahun. Untuk itu, kita harus bisa menjaga kesehatan kulit agar terhindar dari penyakit ini. Dalam beberapa kasus vitiligo bisa menyerang akar rambut yang menyebabkan tumbuhnya uban pada rambut kepala, bulu mata, alis dan jenggot.

Bercak akibat viiligo ini tidak menimbulkan irtasi tapi kadang terasa sangat gatal dan cukup mengganggu aktivitas. Lalu apa yang bisa kita lakukan untuk mengobatinya? Yuk, simak ulasannya!

 

Penyebab penyakit vitiligo

  • Sering terkena paparan sinar matahari
  • Faktor keturunan
  • Stres

Setelah kamu mengetahui beberapa penyebab penyakit vitiligo maka, sebaiknya kamu hindari melakukannya. Tapi kalau faktor keturunan kamu harus lebih menjaga kesehatan kulitmu! Lantas bagaimana pengobatan terhadap penyakit vitiligo?

Pengobatan penyakit vitiligopengobatan vitiligo

  • Menggunakan tabir surya

Agar terhindar dari bahaya paparan sinar matahari, gunakanlah pelindung untuk kulitmu. Kamu bisa memakai tabir surya dengan SPF 30 sebelum siap berpanas-panasan. Dengan begitu, kulit tdak terbakar serta terhindar dari kerusakan akibat sinar matahari. Jadi, vitiligo tidak bisa berkembang pada kulitmu.

  • Terapi cahaya

Cara untuk mengobati penyakit vitiligo selanjutnya adalah melalui terapi cahaya yang disebut fototerapi. Langkah pengobatan ini akan dianjurkan oleh dokteri saat bercak vitiligo menyebar luas dan tidak dapat diatasi dengan obat oles. Tapi, efek samping yang ditimbulkan terapi ini cukup berbahaya dan meningkatkan resiko kanker kulit

  • Terapi laser

Terapi ini bertujuan untuk mengembalikan warna kulit. Namun terapi ini digunakan hanya untuk mengatasi vitiligo yang menimbulkan bercak kecil saja.

  • Obat vitiligo dengan sarang semut

Sarang semut merupakan obat penyakit vitiligo yang cukup efektif dan merupakan bahan alami. Di dalam sarang semut terkandung 4 kandungan utama yaitu tannin, flavonoid, polifenol dan tokoferol untuk mencegah perkembangan bercak vitiligo dan menyehatkan kulit. Keempat zat ini sebagai anti radikal bebas, anti karsinogen, anti proliferasi dan regenerasi sel.

Itulah penyebab dan pengobatan penyakit vitiligo yang bisa kamu terapkan dalam memerangi penyakit ini. Jangan biarkan penyakit ini menjangkitimu dan menyebar luas, segera hubungi pelayanan kesehatan untuk mengetahui lebih jelasnya penyakit yang kamu derita.

Loading...
loading...

Leave a Comment