Waspada, Kebiasaan ini dapat Mengakibatkan Kencing Manis

Kecing manis atau diabetes melitus merupakan penyakit karena gangguan metabolisme tubuh, dimana pankreas tidak dapat memproduksi insulin dengan baik. Glukosa yang terlalu banyak masuk ke dalam tubuh dapat mengakibatkan diabetes melitus.
 
Memang glukosa juga diperlukan tubuh sebagai sumber energi, tapi jika terlalu banyak pun tidak baik. Tak hanya disebabkan oleh pola hidup, tapi keturunan juga dapat mengakibatkan orang terkena diabetes melitus.
 
Misalnya orang tua atau kakek neneknya menderita diabetes melitus, maka ia memiliki resiko yang cukup besar untuk terkena diabetes melitus juga. Oleh karena itu, pola makan dan asupan makanan perlu dijaga. Dan ternyata, beberapa kebiasaan yang kita lakukan dapat memicu diabetes melitus.
 
 
Inilah kebiasaan yan dapat mengakibatkan kencing manis :
  1. Istirahat Kurang

     
    Setiap manusia dianjurkan untuk beristirahat dengan cukup. Istirahat yang cukup dapat menjaga kadar gula. Karena, orang yang kurang tidur atau istirahat menyebabkan kemampuan tubuhnya untuk mengkonversi glukosa menjadi energi menurun. Jadi, kadar gula dalam tubuh menjadi tinggi dan mengakibatkan kencing manis.
  2. Pil Kontrasepsi

     
    Untuk mensukseskan program pemerintah mengenai keluarga berencana memang salah satunya adalah dengan menggunakan alat kontrasepsi, dan salah satunya pil. Memang pil membantu mencegah kehamilan, tapi sayangnya pil kontrasepsi membuat pankreas sulit untuk memproduksi insulin yang cukup. Jika ada riwayat keluarga yang menderita diabetes, konsultasikan dahulu pada dokter untuk menggunakan pil kontrasepsi.
  3. Kurang Olahraga

     
    Kurang olahraga dapat mengakibatkan tubuh obesitas, dan obesitas memicu berbagai penyakit, salah satunya adalah kencing manis ini. Oleh karena itu, setidaknya lakukanlah olahraga 30 menita sehari. Bersepeda, berjalan, atau jogging bisa menjadi pilihan alternatif olahraga.
  4. Minuman Bersoda

     
    Minuman bersoda sangat tidak baik karena mengandung banyak sekali gula. Oleh karena itu, janganlah terlalu banyak mengkonsumsi minuman bersoda. Dan mulailah tinggalkan minuman bersoda. Konsumsilah air putih atau jus buah sehat yang lebih baik bagi kesehatan.
  5. Minum Teh Manis

     
    Selain mengkonsumsi teh bersoda, konsumsi teh manis terlalu banyak juga sangat tidak baik. Dalam segelas teh manis, mengandung sedikikan 300 kalori. Padahal tubuh hanya perlu 1200 - 1500 kalori dalam sehari. Jadi bisa dibayangkan bisa kamu bisa bergelas-gelas minum teh manis.
Untuk menghindari kencing manis, sebaiknya jangan lakukan hal diatas. Istirahatlah yang cukup, atur pola makan, jauhi makanan manis, dan jangan lupa berolahraga. Dengan begitu, risiko diabetes akan lebih sedikit. Selamat mencoba!

Loading...
loading...

Leave a Comment