Waspada Bahaya Menyalakan AC Mobil

Memang menyenagkan berada di dalam mobil saat suasana di luar sagat panas. Kita bisa menikmati AC mobil yang sejuk. Namun tidak semua hal yang menyenangkan membawa hal baik, bisa saja sebaliknya.

Misalnya kebiasaan banyak orang yang menjalankan ac mobil sesaat ketika mereka masuk ke dalam mobil. Kebiasaan ini sebenarnya kurang baik dari segi kesehatan. Kita mungkin belum tahu perihal fakta dari sebuah penelitian yang menyatakan bahwa dashboard mobil, sofa, pengharum mobil, menghasilkan racun penyebab kanker yang dinamakan Benzene.

Selain menyebabkan Kanker, Benzene juga meracuni tulang-tulang, menyebabkan Anemia dan menurunkan jumlah sel darah putih.


Bila benzene terhirup terus-menerus dalam jangka waktu yang lama maka dapat menyebabkan Leukemia, menambah resiko penyebab kanker. Perlu jadi bahan perhatian bahwa tingkat toleransi Benzene di dalam ruangan sebesar 50mg/ft2.

Sebuah mobil yang terparkir di dalam ruangan dengan jendela tertutup akan mengandung 400-800 mg Benzene. Jika parkir di luar ruangan dibawah sinar matahari pada temperatur 15 derajat ke atas, tingkat Benzene naik hingga 2000-4000 mg, 40x dari tingkat Benzene yang bisa ditoleransi.

Benzene merupakan racun yang mempengaruhi ginjal dan hati, jadi jika anda tiba-tiba masuk mobil dalam keadaan jendela kaca mobil masih tertutup, berarti tanpa disengaja anda menghirup banyak racun dengan cepat masuk kedalam tubuh.

Bagaimana solusinya?

Beberapa hal simpel inilah yang perlu anda lakukan ketika hendak masuk/mengendarai mobil

  1. Buka semua kaca, biarkan udara didalam mobil berganti
  2. Lalu nyalakan AC selama beberapa menit,
  3. Baru kemudikan kendaraan dan tutup kaca-kacanya kembali.


Loading...
loading...

Leave a Comment