Waspada, 10 Kebiasaan Ini Dapat Merusak Ginjal Anda!

Apakah anda pernah merasakan keluhan, sakit pada pinggang? Atau biasa disebut dengan istilah ‘kecetit’dalam bahasa jawa. Jika, anda pernah merasakan sakit pada pinggang itu menandakan ada yang tidak beres pada ginjal anda. Kita mempunyai salah satu organ yang penting yaitu ginjal yang termasuk organ ekskresi berbentuk kacang. Dimana letaknya? 
 
Ginjal terletak dibelakang perut, atau abdomen. Ginjal tersebut terletak di kanan dan kiri tulang belakang, di bawah hati dan limpa. Fungsi Dari organ ginjal sendiri adalah berfungsi menyaring darah, memproduksi hormon, menghasilkan urin, menyerap mineral, menetralkan zat asam, dan menghilangkan toksin.
 
Karena itu mengapa ginjal sangat penting bagi kita untuk selalu merawatnya baik-baik sebelum terlambat,termasuk menghindari hal-hal umum yang menempatkan resiko terhadapnya. Berikut adalah kebiasaan buruk apa saja yng dapat mengganggu fungsi organ ginjal kita . Yuk simak agar menhindari kebiasaan berikut : 
 
1. Kurang Minum Air 
Upayakan anda minum air yang cukup. Apabila anda kurang minum air dalam jumlah yang cukup, racun limbah tubuh akan menumpuk dan bisa menyebabkan kerusakan parah pada ginjal anda. Maka dari itu mulailah minum air putih yang banyakuntuk mencukupi kebutuhan tubuh anda terutama untuk menjaga fungsi ginjal. 
 
2. Terlalu Banyak Konsumsi Garam
Tekanan darah bisa membebani ginjal jika anda terlalu banyak mengonsumsi garam. Karena tekanan darah pada ginjal sangat tinggi melebihi tekanan darah pada tubuh secara keseluruhan. Setiap hari sebaiknya tidak lebih dari 5 gram yang dilarutkan bersama masakan atau camilan anda. 
 
3. Konsumsi Gula yang berlebihan 
Mengkonsumsi dua atau lebih minuman yang manis setiap hari, lebih mungkin untuk mendapatkan protein dalam urin mereka. Protein yang terdapat dalam urin, merupakan pertanda awal bagi orang tersebut jika ginjalnya tidak melakukan fungsinya dengan sebagaimana mestinya. Mulailah kurangi konsumsi gula sehari-hari. 
 
4. Sering Menahan Pipis 
Anda pernah menahan pipis? sebaiklah ubah perilaku buruk tersebut karena jika urin tertahan maka ginjal akan tertekan dan terbebani. Hal ini yang menyebabkan batu ginjal dan inkontinensia. 
 
5. Terlalu sering kurang tidur Malam 
Kurang tidur yang kronis bisa menyebabkan penyakit ginjal. Pada malam hari tubuh melakukan perbaikan terhadap jaringan tubuh yang rusak termasuk jaringan pada ginjal anda, sehingga istirahat malam akan memberikan waktu bagi tubuh untuk melakukan tugasnya tersebut. Waktu yang baik untuk tidur adalah pukul 21.00 sampai jam 01.00 . upayakan anda tidak begadang. 
 
6. Sering Minum Kopi Berlebihan 
Kita tahu dalam kopimengandung kafein. Kafein bisa meningkatkan tekanan darah yang pada akhirnya akan menempatkan tekanan tambahan pada ginjal. Seiring waktu, mengkonsumsi kopi secara berlebihan bisa menyebabkan kerusakan pada ginjal. Sebaiknya konsumsi kopi dalam takaran yang tepat, kopi bisa bermanfaat bagi kesehatan. 
 
7. Kekurangan Vitamin dan Mineral 
Banyak kekurangan vitamin dan mineral bisa meningkatkan risiko batu ginjal atau bahkan gagal ginjal. Mulailah makan makanan yang bersih, diet banyak sayuran segar dan buah-buahan. Anda bisa melakukan pola makan ala Food Combaining yang benar-benar bekerja sesuai kebutuhan tubuh. 
 
8. Penggunaan Obat Penghilang Nyeri secara Berlebihan 
Hindari menggunakan obat nyeri disetiap saat anda merasa nyeri pada tubuh anda. Karena penggunaan berlebihan atau tanpa pengawasan ahli kesehatan, obat penghilang rasa sakit bisa menyebabkan kerusakan parah pada hati dan ginjal. Dampaknya bisa sangat berbahaya karena kedua organ ginjal bisa rusak. 
 
9. Mengkonsumsi Protein Hewani secara Berlebihan 
Selama mengkonsumsi protein hewani seperti dari daging merah dapat meningkatkan beban metabolisme pada ginjal. Jadi jika lebih banyak makan daging, maka ginjal harus bekerja lebih keras sehingga jika sering dilakukan bisa menyebabkan kerusakan ginjal. Sebagai penggantinya adalah protein nabati berkualitas dan dari beragam bahan makanan, seperti tahu, tempe, pergedel jagung dan lain-lain. 
 
10. Berlebihan Dalam Konsumsi Alkohol 
Jika anda terlalu sering minum alkohol, waspadalah! Ginjal dalam keadaan tertekan dan bisa menyebabkan liver kronis. 
 
Itulah sepuluh kebiasaan yang mampu merusak organ ginjal kita. Semoga kita bisa menghindari kebiasaan diatas dan mempunyai ginjal yang akan tetap sehat

Loading...
loading...

Leave a Comment