Wah Baru Tahu, Inilah Lima Hal Unik Yang Terdapat Dalam Mata Uang Dunia. Coba Cek Kalau Tidak Percay

Mata uang merupakan salah satu lambang negara yang berfungsi sebagai alat tukar ketika bertransaksi. Meski namanya berbeda-beda setiap negara, namun bentuknya hanya dua, yakni  kertas dan logam. Setiap nominalnya memiliki design gambar yang berbeda dengan jumlah nilai tukar yang berbeda pula.

Walaupun sering melakukan transaksi dengan uang, namun diantara kita jarang memperhatikan detail design dari uang yang digunakan. Jika diperiksa dengan teliti, ternyata terdapat keanehan dalam beberapa mata uang berikut ini. Tidak hanya pada design uang dari luar negeri, beberapa keanehan juga dapat ditemukan dalam design uang Indonesia. Belum diketahui apa makna dibalik dari keanehan-keanehan dalam mata uang ini. 

 1. Ada Gambar Smile di Mata Uang Rp 1.000

Salah satu keanehan dapat ditemukan dalam pecahan uang 1000 rupiah. Jika dilihat sekilas, yang mendominasi dari design jumlah nominal ini adalah gambar pahlawan Pattimura yang sedang memegang keris. Namun jika diperhatikan secara seksama, maka akan ditemukan emoticon smile (smile) dari gambar pahlawan tersebut.

 

Emoticon ini jika dilihat sekilas seperti kancing baju nomor dua yang digunakan oleh Pattimura, namun bila dilihat dengan menggunakan kaca pembesar ternyata kancing tersebut adalah gambar smile. Tidak diketahui apa makna dari emoticon tersebut, namun bentuk smile ini tercetak pada semua  uang 1000 rupiah yang beredar. 

2. Lambang Mirip Iluminati pada pecahan Rp.10.000

 

Tidak hanya pada pecahan Rp.1000, keanehan juga ditemukan pada mata uang rupiah pecahan Rp.10.000. Keganjilan yang ditemukan pada pecahan nominal ini adalah adanya lambang Iluminati, kelompok rahasia yang ingin menguasai dunia.  Namun lambang ini tidak ditemukan jika dilihat secara seklias. Lambang iluminati dapat terlihat jika uang ini dilipat dan menyatukan sisi bawah dan atasnya. Iluminati merupakan kelompok rahasia yang kabarnya menguasai dunia seperti pemerintah negara tahun 1976 dengan simbol segitiga piramida.

3. Gambar Runtuhnya Menara WTC dan terbakarnya Pentagon Sampai Osama Bin Laden

 Banyak misteri yang ditemukan dalam lembaran uang dollar Amerika Serikat. Mata uang ini sudah ada sejak 450 tahun setelah Negara ini merdeka dan tidak pernah mengalami perubahan. Namun pesan-pesan yang ada di dalamnya seolah menjadi konspirasi untuk mempersiapkan apa yang terjadi saat ini. Seperti gambar hacurnya menara Word Trade Center (WTC) pada 11 September 2001 lalu, sampai adanya nama ‘Osama’ yang diduga menjadi teroris dari kalangan Islam dalam mata uang dollar tersebut.   

Tidak hanya itu,  khusus pada uang 20 Dollar, ada hal lain yang diceritakan dalam video tersebut. Dari perpaduan tulisan 20 Dollar dan tulisan “The United States Of America” ternyata ketika dilipat sedemikian rupa terangkumlah nama Osama. Nama Osama lahir dari angka “0” pada tulisan 20 Dollar dan kata “sama” berasal dari suntingan The United States Of America.

4. Uang Raksasa dari Pulai Yap

Keanehan lain juga terdapat dalam mata uang negara pulau Yap di Caroline sebelah Barat Samudra Pasifik. Dinegara ini pernah ditemukan uang raksasa yang besarnya berkisar 10 cm hingga lebih dari 4 meter. Uang ini tercatat sebagai uang terbesar dalam sejarah dunia dan terbuat dari batu kapur. 

5. Mata Uang Dimodifikasi Karena Benci

Keanehan dalam mata uang juga ditemukan  di negara Zaire. Mata uang di negara ini dimodifikasi menjadi sedemikian rupa karena kebencian rakyatnya terhadap pemimpinnya, Joseph Mobutu. Tepatnya pada 1997 terjadi gejolak politik yang membuat rakyat membenci Joseph Mobutu. Mereka rela  menggunting bagian wajah pemimpin tersebut sehingga tepat bagian wajah pemimpin tersebut berlubang. Namun anehnya, walaupun uang tersebut terlihat berlubang , pemerintah di sana masih menganggap sah uang Zaire tersebut untuk digunakan sebagai transaksi.

 



Loading...
loading...

Leave a Comment