Wah, 6 Tradisi India Ini Ternyata Memiliki Manfaat Menakjubkan Bagi Tubuh

Sekarang ini di Indonesia banyak sekali drama atau sinetron-sinetron yang ditayangkan di stasiun televisi swasta. Bahkan hampir dari pagi hingga malam, stasiun televisi selalu menayangkan sinetron selama berurutan, salah satunya adalah sinetron yang berasal dari India. Sejak ditayangkannya drama cerita Mahabarata, drama India semakin diminati oleh sebagian masyarakat Indonesia.

Selain jalan ceritanya yang menarik, aktor dan aktrisnya yang rupawan, dalam drama India ini juga tidak jarang diperlihatkan beberapa tradisi India. Tahukah anda, ternyata dibalik beberapa tradisi yang dilakukan oleh masyarakat India ini, sangat bermanfaat untuk tubuh manusia.

CHARAN SPARSH (Memegang Kaki)

Dalam drama India, pasti seringkali melihat anak-anak memegang kaki orang tuanya atau orang-orang yang lebih muda memegang kaki orang-orang yang lebih tua, baik pada saat mereka ingin pergi untuk memohon restu dari mereka atau pada saat mereka mengunjungi rumah orang-orang yang dituakan atau kepada para pendeta. Ternyata Charan Sparsh ini baik untuk kesehatan tubuh.

charan-sparsh

charan-sparsh [source]

Ketika orang-orang yang disentuh kakinya menerima rasa hormat dari orang yang menyentuhnya, yang mana orang yang menyentuh tersebut mengurangi rasa ego mereka, maka jantung mereka mengeluarkan energi dan pikiran yang positif, yang mana energi positif itu akan mengalir ke tangan dan kakinya. Proses juga terjadi ketika dua orang berjabat tangan dan berpelukan.

 

Saraf yang dimulai dari otak akan tersebar ke seluruh tubuh dan saraf ini akan berakhir di ujung jari tangan dan kaki. Ketika orang yang menyentuh kaki tersebut dengan ujung tangannya, maka ujung tangannya dan telapak tanggannya akan menjadi reseptor dari energi positif itu dan kaki orang yang disentuh akan menjadi pemberi energi positif.

NAMASKAR (Menggabungkan Kedua Telapak Tangan Untuk Memberi Salam)

Orang-orang India lebih banyak melakukan Namaskar ketika ingin memberikan salam kepada orang lain daripadanya menjabat tangan mereka. Sebenarnya alasan dilakukannya Namaskar adalah ingin lebih menghormati orang yang diberi salam.

namaste-namaskar

namaste-namaskar [source]

Namun menurut penelitian, dengan menggabungkan kedua telapak tangan dimana seluruh ujung-ujung tangan saling bertemu, yang mana hal tersebut berarti menandakan titik-titik tekanan pada mata, telinga dan pikiran. Menekan ujung-ujung jari tangan dapat mengaktifkan titik-titik tekanan yang mana akan menjadikan seseorang tersebut mengingat orang itu dalam jangka waktu yang lama.

 

MENGGUNAKAN TILAK/KUMKUM DI DAHI

Tilak atau kumkum adalah tanda merah yang ada di dahi. Tilak atau KumKum dipakai di dahi, diantara dua alis mata. Dimana titik tersebut dianggap sebagai titik penting syaraf bagi tubuh manusia sejak zaman dahulu.

Tilak

Tilak [source]

Tilak dipercaya mencegah energi yang hilang dalam tubuh dan KumKum yang berwarna merah yang dipakaikan diantara alis mata tersebut berguna untuk menahan energi di dalam tubuh dan mengontrol beberapa tingkat konsentrasi. Dalam menggunakan tilak/kumkum ini, dahi diantara alis mata akan ditekan, hal ini memudahkan suplai darah ke seluruh otot wajah.

 

Baca Juga :  Pilih Teh atau Kopi? Mana Yang Lebih Unggul

MENGGUNAKAN BANGLES

Banyak dalam drama India diperlihatkan wanita-wanita India menggunakan Bangles, yaitu semacam gelang tangan yang jumlahnya sangat banyak. Biasanya bagian pergelangan tangan ini digunakan secara terus-menerus untuk melakukan banyak pekerjaan. Selain itu, detak nadi yang ada di pergelangan tangan pun digunakan untuk memeriksa apakah seseorang tersebut menderita penyakit atau tidak.

Bangles

Bangles [source]

Bangles ini ketika digunakan akan menimbulkan gesekan-gesekan, sehingga dianggap dapat melancarkan sirkulasi darah. Selain itu, aliran listrik yang terkena di luar kulit akan dikembalikan lagi ke dalam tubuh karena Bangles yang berbentuk cincin ini tidak memiliki ujung, sehingga energi tersebut akan kembali ke dalam tubuh.

 

MENGGUNAKAN SINDOOR BAGI WANITA YANG SUDAH MENIKAH

Sindoor adalah serbuk merah yang terbuat dari campuran kapur-kunyit dan logam merkuri, yang dipakai di bagian atas kepala dari tengah depan kepala hingga ke tengah kepala dengan membentuk garis lurus. Sindoor ini sebagai pertanda bahwa wanita tersebut sudah menikah, dan dilarang digunakan oleh janda.

Sindoor

Sindoor [source]

Menurut penelitian, merkuri dapat mengontrol tekanan darah, selain itu juga dapat mengaktifkan dorongan seksual. Sindoor harus diterapkan hingga tepat pada kelenjar pituitari, yang mana pada kelenjar ini semua perasaan di tubuh berpusat. Merkuri juga dapat berkhasiat untuk menghilangkan stress dan ketegangan.

 

MENGGUNAKAN HENNA SAAT PERNIKAHAN

Sering dalam drama India diperlihatkan terjadinya proses pernikahan. Sebelum dilakukannya upacara pernikahan, tepat di malam sebelumnya, dilakukan upacara henna, dimana dalam upacara ini tangan dan kaki dari mempelai wanita dihias dengan menggunakan henna. Penggunaan henna ini menurut peneliti sangat bermanfaat bagi mempelai. Hal ini karena henna merupakan ramuan obat yang sangat kuat.

Henna

Henna [source]

Henna dapat mendinginkan tubuh dan menjaga saraf dari ketegangan. Dimana di saat menuju pernikahan, mempelai wanita akan merasakan ketegangan yang luar biasa dan dapat berakibat stress sehingga menyebabkan sakit kepala dan demam.

 

Konon dengan menggunakan henna di tangan dan kaki, diyakini dapat mengontrol stress yang ada, karena bagian tangan dan kaki merupakan ujung saraf dari tubuh manusia.

Loading...
loading...

Leave a Comment