Tradisi Potong Rambut yang Membawa Keberuntungan

Potong rambut di akhir Februari ternyata bisa mendatangkan keberuntungan. Tak heran bila pada saat itu ribuan bahkan ratusan ribu orang berlomba untuk memotong rambutnya.

Kepercayaan tersebut tumbuh di masyarakat China Tengah, atau lebih tepatnya di Hefei, Anhui. Di kota ini masyarakatnya mempercayai tradisi atau perayaan "Potong Rambut". 

Perayaan potong rambut ini biasa dilakukan setiap akhir bulan kedua atau akhir bulan Februari. Tradisi Potong Rambut ini juga biasa dikenal dengan hari naga yang sedang mengangkat kepalanya.

Pada perayaan potong rambut ini, sekelompok orang dewasa dan tukang cukur biasanya turun ke jalan dengan membawa gunting sambil tersenyum, seperti dilansir Daily Mail.

Menurut legenda yang terdapat di Cina, perayaan potong rambut berasal dari  kisah seorang tukang cukur miskin yang tidak mampu memberikan hadiah tahun baru yang layak untuk pamannya. Karena ketidakmampuannya tersebut, akhirnya ia memberikan hadiah untuk sang paman berupa sebuah layanan potong rambut.

Tak disangka ternyata sang paman mengatakan bahwa itu merupakan hadiah terbaik yang pernah ia dapatkan dan ia ingin membuatnya menjadi sebuah tradisi tahunan. Setelah pamannya meninggal, setiap tahun baru tukang cukur ini selalu mengingat kata-kata pamannya dan merayakan tradisi potong rambut setiap bulan Februari



Loading...
loading...

Leave a Comment