Tips Perawatan Kecantikan Yang Bisa Dilakukan Di Rumah

Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk terlihat cantik. Dengan banyaknya produk perawatan kecantikan yang ada di pasaran saat ini, terkadang membuat kita bingung produk mana sajakah yang aman digunakan dan terbukti ampuh mengatasi masalah kecantikan yang kita alami.

Dari sekian banyaknya produk kecantikan berteknologi canggih, perawatan kecantikan alami ternyata lebih ampuh untuk mengatasi permasalahan kita.

 

Selain murah, kamu juga bisa dengan mudah menemukannya di sekitar lingkunganmu. Berikut ini lima perawatan kecantikan alami:

1. Menghilangkan Bekas Luka dan Jerawat
Bekas luka dan jerawat kerap kali mengganggu penampilan kita. Untuk itu, ada beberapa cara yang bisa kamu coba untuk mengurangi bekas hitamnya.

- Oatmeal: Selain untuk mengisi perut, oatmeal juga bisa kamu gunakan sebagai masker alami. Setelah dicampur dengan air, oleskan oatmeal pada wajah dan diamkan selama 15 menit.

- Kelabat: Haluskan kelabat, kemudian oleskan pada wajah dan diamkan 15-20 menit. Kemudian bilas dengan air hangat.

- Es batu: Siapkan beberapa balok kecil es batu. Gunakan handuk untuk melapisi es batu, kemudian sapukan ke wajah selama 15 menit.

- Madu: Khasiat madu memang tidak usah diragukan lagi. Oleskan madu ke seluruh wajah dan diamkan selama 15 menit, kemudian bilas.

- Kentang mentah: Kupaslah kentang dan bersihkan dengan air. Kemudian haluskan kentang dan balurkan pada wajah. Diamkan selama 20 menit.

2. Memakai Blush On Sesuai Bentuk Wajah
Memakai blush on tidak bisa sembarangan. Bentuk wajahmu akan terlihat berbeda jika kamu memakai blush on dengan cara yang tepat.

- Wajah bulat: Bagi kamu yang memiliki wajah bulat sebaiknya menyapukan blush di bawah tulang pipi agar memberikan ilusi wajah lebih tirus.

- Wajah kotak: Untuk wajah kotak, sebaiknya sapukan blush di bagian tulang pipi. Namun jangan bentuk memanjang, melainkan fokus pada bagian depan saja.

- Wajah hati: Wajah dengan bentuk hati biasanya memiliki dagu yang runcing. Untuk membuatnya tidak terlihat lebih panjang, buatlah ilusi pipi lebih lebar dengan blush memanjang di tulang pipi.

- Wajah oval: Wajah oval cocok dengan makeup apapun. Sapukan blush di sekitar tulang pipi dan sapukan memanjang untuk tampilan yang lebih maksimal.

- Wajah panjang: Untuk wajah panjang, sapukan blush lebih banyak di sekitar pipi.

3. Menghilangkan Ketombe
Ketombe merupakan masalah rambut yang paling menjengkelkan. Terkadang, penggunaan shampoo saja tidak cukup sehingga kita perlu melakukan perawatan lainnya.

- Garam: Usapkan segenggam garam secara merata ke kulit kepala dan diamkan selama 15-20 menit kemudian bilas hingga bersih.

- Cuka: Tuang satu sendok cuka ke kulit kepala, kemudian diamkan selama 10 menit lalu keramas hingga bersih.

- Jeruk nipis: Ambil beberapa buah jeruk nipis, peras, dan usapkan airnya ke kulit kepala. Diamkan selama 30 menit dan dilanjutkan dengan keramas.

- Lidah buaya: Kupas lidah buaya, buang kulit dan getahnya, ambil bagian dagingnya saja. Hancurkan dan haluskan dagingnya dan oleskan sebagai masker rambut.

- Minyak almond: Minyak almond berfungsi untuk menghilangkan sel kulit mati dan kering yang menyebabkan munculnya ketombe. Usapkan minyak almond pada kulit kepala dan diamkan selama 15 menit, kemudian bilas.

4. Makeup Remover Alami
Untuk membuat pembersih wajah ternyata tidak harus menggunakan bahan kimia, tetapi juga bisa dari bahan-bahan alami.

- Lidah buaya dan madu: Campurkan gel lidah buaya dan madu, kemudian ambil kapas dan bersihkan wajahmu dengan campuran tersebut.

- Baby oil: Minyak khusus bayi ini terbukti efektif bisa mengangkat makeup pada wajah. Tuang beberapa tetes baby oil pada kapas kemudian sapukan ke wajah.

- Minyak kelapa: Banyak makeup artis professional yang menggunakan minyak kelapa untuk mengangkat kotoran dan makeup di wajah. Celupkan kapas ke dalam minyak dan oleskan pada wajah.

- Minyak almond dan shampoo bayi: Campurkan secangkir air, satu sendok makan minyak almond/baby oil, dan 1/4 sendok teh shampoo bayi ke dalam botol. Campuran ini bisa mengangkat sisa kotoran dengan baik.

- Yoghurt dan susu: Campurkan 3 sendok makan susu cair dan 3 sendok makan yoghurt, aduk rata, kemudian bisa langsung digunakan untuk membersihkan wajah.

5. Memutihkan Ketiak
Banyak cara alami yang bisa kamu coba untuk memutihkan kembali kulit ketiakmu.

- Kapur sirih dan jeruk nipis: Campurkan perasan jeruk nipis dan air kapur sirih, kemudian oleskan pada ketiak. Lakukan secara berulang untuk hasil maksimal.

- Tepung beras dan cuka: Campurkan tepung beras dan cuka, aduk hingga membentuk pasta kental. Oleskan pada ketiak dan tunggu hingga kering, kemudian bilas.

- Yoghurt dan susu: Campur dua sendok makan yoghurt tawar dan beberapa tetes susu. Oleskan ke ketiak sebagai scrub dan diamkan selama 15 menit. Lakukanlah setiap hari.

- Kentang dan timun: Haluskan kentang dan timun dengan parutan atau blender tanpa air. Oleskan campuran tersebut ke ketiak dan diamkan hingga air meresap ke kulit.

- Pepaya dan madu: Campurkan pepaya yang telah dihaluskan dengan madu, kemudian oleskan langsung ke kulit ketiak dan diamkan beberapa saat.



Loading...
loading...

Leave a Comment