Tips dari Rasulullah SAW Agar Menambah Berkah Masakan

Menurut bahasa, berkah atau barokah artinya nikmat. Sedangkan menurut istilah, berkah artinya bertambahnya kebaikan. Para ulama menjelaskan makna berkah sebagai segala sesuatu yang banyak dan melimpah, meliputi berkah material dan spiritual seprti ketenanngan, kesehatan, harta, anak dan usia. Setiap muslim pasti ingin kehidupannya penuh keberkahan. Tak terkecuali dalam hal masakan.

Memasak adalah kegiatan ibu rumah tangga sehari-hari. Apakah kiat yang dapat dilakukan agar olahan masakan kita sehari-hari menjadi lebih berkah? Ternyata Rasulullah SAW telah mengajarkan kepada kita sebuah tips sederhana untuk menambah berkah dalam memasak agar hasilnya memiliki nilai lebih dari segi ibadah. Inilah tips tersebut:

Dari Abu Dzarr radhiyallahu ‘anhu, dia berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallambersabda: “Wahai Abu Dzarr, jika engkau memasak masakan berkuah, maka perbanyaklah kuahnya dan perhatikanlah tetanggamu.” (HR Muslim).

Dan juga dalam riwayat Muslim, dari Abu Dzar, dia berkata: “Sesungguhnya kekasihku berpesan kepadaku: Jika engkau memasak masakan berkuah, perbanyaklah kuahnya, kemudian lihatlah anggota keluarga dari tetanggamu, maka berikanlah kepada mereka dengan baik.’”

Masya Allah, sangat sederhana bukan? Hanya diperlukan menambah kuah yang berarti menambah porsi saat kita memasak, sehingga dengan demikian kita dapat membagikan masakan tersebut kepada tetangga ataupun kerabat kita. Betapa Rasulullah SAW telah menunjukkan kepada kita bahwa dari sesuatu hal yang sangat sederhana ternyata dapat menjadi lebih bermanfaat saat diniatkan untuk beribadah.  Betapa indahnya Rasulullah SAW mengajarkan tentang silaturahim, berbagi rizki dan memuliakan tetangga. Seandainya hal ini dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari tentu akan sangat menghidupkan tali silaturahim diantara kerabat dan tetangga.

Jika hari ini kita berbagi ke tetangga yang satu, di hari lain kita bisa berbagi ke tetangga yang lain. Saling mengunjungi sambil menanyakan kabar sambil membawa makanan sekalipun sederhana tentulah sangat berkesan dan memunculkan ikatan hati yang lebih dalam. Jadi tunggu apa lagi, yuk coba menambah porsi/jumlah saat kita memasak, agar kita dapat mengamalkan sunnah Rasulullah dan meraih lebih banyak keberkahan dalam hidup kita. Aamiin. Semoga bermanfaat.

 

 

 

 

 

Sumber : http://www.ummi-online.com/

Loading...
loading...

Leave a Comment