Tidak Bisa Bergerak Saat Bangun Tidur? Ini Dia Cara Praktis Mengatasi Ketindihan Agar Tak Menyiksa T

Hal ini dinamakan dengan ketindihan saat tidur atau sleep paralysis. Kejadian ini bisa menimpa siapapun, dan kamu bisa mengatasinya dengan sembilan cara ini.

1. Saat tindihan, jangan panik.Cobalah untuk tenang dan aturlah nafasmu.

Mengatur nafas dapat mengurangi rasa panik yang menjalar diseluruh tubuhmu sekaligus mengurangi rasa sakit akibat perasaan tertindih tersebut. Karena saat tubuhmu ketindihan, tentu bagian dada pun menjadi sesak dan membuatmu sulit bernapas. Di saat sulit bernapas, kamu pun makin panik.

2. Apapun yang kamu rasakan, coba santai saja dan rilakskan tubuhmu.

Daripada pusing memikirkan bagaimana nasibmu sekaligus panik tidak jelas yang tak menyelesaikan masalah, lebih baik kamu langsung merilekskan tubuhmu, supaya perlahan-lahan rasa ketindihan tersebut hilang.

3. Agar tindihan tak datang lagi, coba kamu kernyitkan wajah beberapa kali.

Salah satu yang bisa kamu lakukan adalah menggerakkan atau senam wajah. Ini membantu untuk merilekskan otot sekaligus melemaskannya.

4. Saat kamu sudah bisa bangun, perlahan dan sebisanya, gerakkan jari-jari kaki.

Banyak orang yang bilang bahwa cara paling efektif untuk mengatasi ketindihan tersebut adalah dengan cara menggerakkan jari-jari kakimu. Kaki memang merupakan salah satu bagian yang paling penting dari tubuh karena menghubungkan setiap persendian dan saraf, oleh karena itulah cara ini bisa dibilang efektif.

5. Buatlah kepalan dengan kedua tanganmu.

Mengepalkan kedua tanganmu juga membantu merilekskan otot-otot tubuh hingga ke arah dada. Jadi cobalah mengepal sekeras yang kamu bisa. 

6. Meskipun gak ada yang menghambat, coba paksakan diri untuk batuk-batuk.

Saat sedang batuk, tentu tubuhmu akan membuat getaran yang akan tersalur di seluruh tubuh, terutama pada bagian dadamu. Ini tentu cukup membantu, apalagi saat ketindihan yang paling sakit biasanya adalah bagian dada.

7. Berusahalah untuk membayangkan seseorang yang kamu kagumi atau sayangi.

Apabila kamu tak bisa memerintahkan badanmu untuk rileks ataupun melakukan kegiatan-kegiatan kecil di atas, maka cara lain adalah membayangkan orang lain. Di saat kamu membayangkan orang yang dikagumi atau disayang, tentu pikiran lebih rileks, yang akan berimbas pada rileksnya tubuh juga.

8. Hindari untuk melawan tindihan karena akan semakin membuatmu sakit.

Semakin melawan, akan terasa semakin sakit. Daripada melawan, tekankan bahwa kamu bisa lepas dan tak akan terjerat ketindihan tersebut.

9. Jika bisa, mintalah pertolongan.

Apabila terasa begitu sakit, cara terbaik adalah teriak untuk meminta pertolongan orang lain yang berada di rumah, misalkan orang tua ataupun saudara. Jika memang tak bisa berteriak, siapa tahu saja kamu tidur sekamar dengan kerabat, maka usahakanlah untuk memanggil dengan cara menyentuhnya.

Ketindihan di saat sedang tidur memang merupakan kejadian yang sangat tidak nyaman, namun masih bisa kamu atasi dengan cara tepat. Kalau kamu baru saja melewati fase ketindihan tersebut, melangkahlah ke kamar mandi untuk mencuci muka sejenak dengan air dingin, agar kamu terasa segar kembali.

 

 

 

 

Sumber : idntimes

Loading...
loading...

Leave a Comment