Terlihat Biasa, Tapi Ada Hal Janggal Dalam Foto Soal Matematika Ini Bikin Netter Miris. Apakah Anda Tahu?

Senin (13/11/2017) akun Facebook Kementrian Humor Indonesia mengunggah gambar yang menjadi viral.

Dalam unggahan itu, terdapat foto soal matematika beserta jawaban yang ditulis seorang anak.

"hayo.. yg bener 8 atau 20?" bunyi keterangan yang dituliskan di akun itu.

Unggahan itu kemudian dikomentari oleh banyak netizen yang justru berdebat.

Hal yang menjadi perdebatan adalah jawaban yang benar dari soal yang dimaksud.

Pasalnya, dalam foto itu tertulis 2 buah jawaban.

Jawaban pertama yang dilingkari hitam merupakan jawaban si murid.

Jawaban soal matematika yang viral di Facebook
Jawaban soal matematika yang viral di Facebook (Facebook)

"6 + 14 = 20," tulis si anak.

Namun jawaban itu kemudian dibenarkan oleh gurunya.

"14 - 6 = 8," tulis guru seperti yang ada di lingkaran merah.

Jika tidak diperhatikan, kedua jawaban itu memang tidak ada yang aneh dan tampak wajar.

Namun jika kamu membaca soal lengkapnya, maka kamu akan tahu letak kejanggalannya.

Lalu apa sebenarnya bunyi soal yang dimaksud?

Berikut adalah soalnya:

"Sendok yang digunakan untuk makan ada 6.

Ibu masih mempunyai 14 sendok yang belum dipakai.

Jadi berapa jumlah sendok Ibu, ayo?," bunyi soal tersebut.

Kontan saja soal itu kemudian membuat netizen gemas.

Pasalnya banyak yang menilai jika jawaban murid lah yang benar.

Berikut adalah komentar-komentar netizen:

"Itu ada kata "ibu masih mempunyai" artinya yg 6 dipake makan itu punya ibu, DITAMBAH sendok yang MASIH DIMILIKI ibu. Ya 6+14 donk. Kecuali klo kalimatnya ibu punya 20 sendok, 6dipake makan, berapa sendok yg msh bersih baru jawaban si guru bener.
Dlm hal ini murid yg bener 14+6 = 20 sendok yg dimiliki ibu,"

"Banyak itu guru model begini. Yang ikut les ke rumah dia nanti kalo jawaban salah dibenerin. Yang ga ikutan les ya maap maap aja walau jawaban bener tetep disalahin juga,"

"Ini Pasti muridnya suka membantah. Di suruh ikut Les tambahan, ngeyel. Ya begitu jadinya. Gurunya Sama kayak si mukidi, yang beda suara = makar,"

"Mirip cerita w dulu dengan guru yg sok mau ngajarin les gue, eh dia salah tapi ngotot, pas dihitung pake kalkulator ternyata w yg benar eh dia malah bilang kalkulatornya yg rusak.. Wkwkwkk,"

"Perkara seperti ini pernah saya temui. Jadi bagi yg ga ikut les ke guru tersebut, walau menjawab benar akan disalahkan, padahal jawaban guru tersebut lebih salah bahkan itu terjadi saat ujian tengah semester,"

"Sudah jelas kata kuncinya di "MASIH" dan "BELUM TERPAKAI", ini sih jelas gurunya yg salah, dan bukan salah persepsi karena kalimatnya samasekali tidak ambigu,"

Loading...
loading...

Leave a Comment