Segera Lakukan Ini Jika Tersedak Jarum Pentul

Mungkin sebagian besar dari kita pernah tersedak ketika makan, hal ini biasa terjadi dan tak terlalu beresiko besar karena bisa segera diatasi dengan minum air putih. Tapi, bagaimana bila kalian tersedak beda asing yang bisa membahayakan seperti jarum pentul, Straples, dll? 


Menurut dr. Wahju Aniwidyaningsih, MD, PhD, Head – Division of Interventional Pulmonology and Respiratory Critical Care di RS Persahabatan, jika kalian tersedak benda asing dengan ukuran besar,dapat menyumbat daerah pita suara (laring) yang mengakibatkan kita kesulitan untuk bernapas. Tidak menutup kemungkinan, kondisi ini juga bisa terjadi pada benda asing yang berukuran kecil seperti jarum pentul

 

Jika kalian melihat kerabat tersedak jarum pentul atau benda asing lainnya segera lakukan ini: 

- Posisikan korban secara berdiri atau duduk, lalu berdirilah di belakangnya. 

- Setelah itu beri dorongan (pukul) pada bagian punggung korban dengan dasar telapak tangan kita. 

Hal ini kita lakukan untuk memberikan suatu tekanan, dan diharapkan bisa mengeluarkan kembali jarum pentul yang tersangkut di tenggorokkan.

 

Apabila tidak terjadi perubahan, lingkarkanlah tangan kita pada perut korban dan buat kepalan dengan tangan yang dominan. 

Letakkan kepalan tepat di atas pusar korban dan di bawah tulang dada. Lalu tariklah kearah dalam serta ke atas dengan cepat disertai dengan kekuatan yang cukup. 

Hal ini kita lakukan untuk memberikan suatu tekanan, dan diharapkan bisa mengeluarkan kembali jarum pentul yang tersangkut di tenggorokan.

 

Content Image

 

Content Image

 

Ini dilakukan untuk menghindari korban kekurangan oksigen, karena jika dalam beberapa menit korban kekurang oksigen bisa langsung mengalami kerusakan otak. 

Tapi ini hanya untuk pertolongan pertama saja ya, setelah itu segera bawa korban ke rumah sakit

Loading...
loading...

Leave a Comment