Pernah Mengalami Mata Kedutan? Terlebih Kedutan di Sebelah Kiri? Ternyata Ini Artinya!

Kedutan ini terjadi secara refleks dan biasanya hal ini selalu di kaitkan dengan pertanda akan terjadinya sesuatu. sebenarnya apa sih kedutan pada mata itu ?

Arti Kedutan Pada Mata Kiri

Kedutan sendiri dalam bahas medis di sebut blefarospasme yaitu gerakan mata yang terjadi berkali-kali dan spontan. pada umumnya orang akan merasakan kedutan pada mata kiri, tetapi tidak jarang pula kedutan justru terjadi pada kedua mata secara bersamaan.

Kedutan pada mata sendiri sebenarnya terjadi karena adanya gerakan otot mata, dan ini tidak terasa sakit. dalam sisi medis kedutan sendiri terbagi menjadi 3 jenis yaitu :

  • Kedutan Mata Minor

Kedutan mata minor ini tergolong yang paling sering di jumpai pada orang dengan pola hidup kurang sehat seperti terlalu lama menatap monitor/tv sehingga mata lelah, kurang tidur akibat bergadang dan sering merokok.  kedutan mata minor ini tidak terasa sakit namun jika terjadi sering dan tidak hilang-hilang anda perlu periksakan lebih lanjut ke dokter spesialis mata.

Hal lain yang menyebabkan kedutan mata minor ini yaitu iritasi mata. jika mata anda mengalami iritasi sebaiknya kompres menggunakan handuk dan air hangat, usahakan tidak mengucek mata karena justru akan membuat iritasi menjadi lebih parah. gunakan obat tetes mata yang dianjurkan oleh dokter, dan jangan menggunakan obat mata sembarangan karena efeknya akan sangat berbahaya.

  • Kedutan Esensial Jinak

Penyakit Mata Uveitis - Arti Kedutan Pada Mata Kiri
Penyakit Mata Uveitis

Jenis kedutan esensial jinak ini biasanya di picu oleh beberapa faktor seperti sering mengkonsumsi alkohol dan terlalu banyak kafein. kedutan esensial jinak ini biasanya dialami oleh orang dewasa dengan rata-rata umur 30 tahun ke atas. berikut ini beberapa ciri-ciri kedutan Esensial Jinak

  1. Mata terasa kering dan perih.
  2. Sangat sensitif jika terkena cahaya.
  3. Uveitis (Peradangan Mata).

 

Sumber : infosehat.co.id

Loading...
loading...

Leave a Comment