Layaknya Pinocchio, Anak Ini Lahir Dengan Hidung Yang Panjang

Ingatkah kamu dengan Pinocchio? Salah satu kartun animasi yang bercerita tentang seorang anak laki-laki yang jika berbohong hidungnya akan memanjang. Ternyata, di dunia nyata gambaran hidung panjang Pinocchio tersebut ada.

Di Maesteg, Wales, Februari 2014 seorang bayi bernama Ollie Trezise lahir dengan kondisi langka yang membuat hidungnya memanjang layaknya Pinocchio. Kondisi langka ini disebut dengan encephalocele, dimana merupakan suatu benjolan yang terjadi di wajah dan kepala karena gangguan penutupan tabung saraf.

 

 

Ollie Trezise yang memiliki hidup layaknya pinochio
Ollie Trezise yang memiliki hidup layaknya pinochio

Cacat encephalocele ini sangat langka dengan hanya ada 1 atau 2 kasus di setiap 10.000 kelahiran di Inggris. Bahkan, Martin Evans, dokter ahli dalam operasi kraniofasial di Rumah Sakit Anak Birmingham, mengatakan, “Kasus-kasus yang dialami Ollie ini sangatlah langka. Kemungkinan untuk melihatnya, mungkin satu kasus per tahun”. Baik anak perempuan dan laki-laki pun bisa mengalaminya, dan tidak ada penyebab lain yang bisa menjelaskan kondisi ini bisa terjadi.

 

Meskipun lahir dengan kondisi fisik seperti itu, Amy Poole (ibu Ollie), merasa bangga dan sempurna karena telah dianugerahi seorang anak yang unik, lucu, penuh kejutan tiap harinya, dan memiliki sedikit gambaran nyata dari tokoh Pinocchio. Tapi tak jarang pula, ia merasa sedih karena bukannya dukungan yang dia peroleh dari orang sekitarnya, malah ia diejek dengan mengatakan Ollie harusnya tidak dilahirkan karena dia jelek. Ia sendiri berharap, agar tak ada anak lain yang menghadapi komentar buruk seperti itu, karena menurutnya masih lebih baik jika seseorang menanyakan mengapa kondisi itu bisa terjadi dibandingkan hanya menatap serta mengejek dengan kata-kata yang buruk.

Awalnya, dengan menghadapi ejekan itu Poole merasa tidak yakin, terlebih saat melihat kondisi Ollie yang memiliki benjolan seukuran bola golf dihidungnya. Tapi ia pun bertekad untuk mencintai anaknya tanpa memedulikan kondisi yang ada.

Keputusan besar pun menghampiri Poole saat dokter menyarankan agar Ollie menjalani operasi. Dokter mengatakan mereka perlu melakukan operasi agar membuka rongga hidung dan memungkinkan Ollie bisa bernapas dengan benar. Ditambah lagi, Ollie semakin hari akan mengalami pertumbuhan seperti anak lainnya, begitu pula benjolan dihidungnya. Benjolan itu sangatlah berisiko menyebabkan infeksi yang lebih parah bahkan meningitis, jika Ollie tak sengaja tersandung dan mengenai hidungnya itu.

 

Ollie si Pinocchio dan Sang Bunda
Ollie si Pinocchio dan Sang Bunda

“Saya sangat takut untuk membiarkan Ollie menjalani operasi besar seperti itu. Dia begitu rapuh, dan aku tidak bisa tahan memikirkan tentang kehilangan dia,” kata Amy Poole, dilansir dari dailymail.

 

Pada November 2014, Ollie pun sukses menjalani operasi selama dua jam di Rumah Sakit Anak Birmingham. Operasi ini melibatkan proses pemotongan untuk membuka tengkoraknya untuk menghapus kantung cairan yang berlebih di otak dan memperbaiki bentuk hidungnya. Ollie dapat dikatakan beruntung, karena encephalocoele yang dideritanya hanya berisi cairan, bukan bagian dari otak. Karena, untuk kasus encephalocoele yang sangat dekat dengan otak memiliki risiko besar terjadi infeksi bahkan kematian.

Meskipun pasca operasi Ollie meninggalkan bekas luka zigzag besar dikepalanya, ia tetap tersenyum dan banyak tertawa. Kini, setelah kepulihannya, ia sangat senang bermain air di kolam renang bersama saudarinya, Annabelle. Bahkan, Annabelle dulunya kerap cemburu dengan hidung pinocchio milik Ollie yang kerap lebih diberi perhatian lebih oleh Poole.

Loading...
loading...

Leave a Comment