Kurangi Berat Badan Dengan Cahaya Biru

Diet merupakan suatu usaha yang sering dilakukan banyak orang dengan mengurangi porsi makan serta berolah raga untuk mendapatkan berat badan ideal. Namun, tahukah kamu bahwa diet dapat dilakukan dengan pencahayaan ruangan, lho!

Tanpa disadari, apabila kita makan di restoran ataupun rumah makan, pencahayaan di sana pasti lebih dominan dengan lampu berwarna putih atau kuning. Sebuah studi yang dilakukan di Universitas Illinois mengemukakan bahwa hal itu disebabkan restoran atau rumah makan tersebut ingin meningkatkan nafsu makan pelanggannya. Tapi, bagaimana ya jika makan di bawah pencahayaan lampu berwarna biru?

Penelitian lain dari Universitas Arkansas menyarankan orang-orang yang ingin berdiet sebaiknya berhenti makan di restoran atau rumah makan dan makan di bawah pencahayaan biru. Peneliti menyebutkan bahwa makanan dengan pencahayaan biru terlihat tidak menarik sehingga membuat orang akan lebih cepat kenyang.

Hal tersebut dibuktikan dengan pengamatan yang dilakukan kepada 112 orang yang diminta untuk memakan makanan di bawah pencahayaan putih, kuning, dan biru. Hasilnya menunjukkan bahwa orang akan cenderung lebih cepat kenyang apabila mengonsumsi makanan dengan pencahayaan biru. Dikutip dari jurnal Appetite, peneliti Han Seok Seo mengatakan bahwa mereka tidak kehilangan nafsu makan namun cenderung ragu untuk memakan makanan di bawah pencahayaan biru sehingga mereka tidak mengonsumsi makanan tersebut secara berlebihan.

Sayangnya percobaan itu hanya berdampak besar untuk pria. Peneliti menyimpulkan bahwa wanita memakan makanan dengan menggunakan indera penciuman sehingga tidak begitu terpengaruh dengan pencahayaan ruangan.

Oleh sebab itu, Profesor Brian Wansink, ilmuwan dari Cornel University, mengungkapkan bahwa alternatif lain untuk mencegah makan berlebihan adalah menghindari makan di restoran dengan lampu terang dan hiburan musik yang terlalu kencang. Sebaliknya, tata ruang yang banyak tanaman, lukisan, dan diterangi lampu redup serta diiringi musik instrumental dapat mencegah makan yang berlebihan.

 

 

 

Sumber : apakabardunia.com

Loading...
loading...

Leave a Comment