Kamu Sudah Lama Menganggur? Mau Lolos Saat Tes Wawancara dan Diterima Kerja? Ini Triknya!

Banyak orang gagal mendapat pekerjaan, jika tiba pada tahapan interview (wawancara). Padahal banyak pertanyaan umum, yang biasa ditanyakan pada saat wawancara kerja.

Beberapa contoh yang kami ambil dari situs monster.com, ini mungkin bisa bermanfaat...

1. Apa Kelemahan Anda?
Ini adalah pertanyaan jebakan yang paling ditakuti. Menjawabnya, harus dengan meminimalkan kelemahan dan menekankan kekuatan Anda.

Cari jawaban aman, misalnya: “Dalam perusahan, lobi menjadi hal penting. Biasanya lobi berlangsung di lapangan golf. Sayangnya saya tak terlalu pandai bermain golf."

2. Mengapa Kami Harus Mempekerjakan Anda?
Ringkas pengalaman Anda.

Misal: "Dengan pengalaman lima tahun bekerja di industri keuangan, saya terbukti menghemat uang perusahaan. Saya yakin saya akan memperkuat tim Anda."

3. Mengapa Anda Ingin Bekerja di Perusahaan Ini?
Pewawancara ingin mendengarkan jawaban yang menunjukkan Anda punya perspektif jitu ketimbang sekedar melamar karena ada lowongan.

Misalnya, "Saya telah memilih perusahaan kunci yang misinya sejalan dengan nilai-nilai saya, di mana saya tahu saya bisa bersemangat dengan misi dan visi perusahaan ini. Perusahaan Anda berada pada posisi tertinggi dalam daftar pilihan yang diinginkan."

4. Apa Tujuan Hidup Anda?
Bicara tentang jangka pendek dan tujuan menengah, lalu baru masa depan.

Misalnya, "Tujuan saya adalah untuk segera mendapatkan pekerjaan di sebuah perusahaan yang berorientasi pada pertumbuhan perusahaan. Tujuan jangka panjang saya akan tergantung pada bagaimana perusahaan itu bergerak. Saya berharap akhirnya menempati posisi dengan tanggung jawab."

5. Mengapa Anda Meninggalkan Pekerjaan Sebelumnya?
Tak semua pekerjaan sebelumnya berakhir mulus.

Jika Anda menganggur, cantumkan alasan dalam konteks positif: "Saya berhasil bertahan dalam dua putaran perampingan perusahaan, tetapi putaran ketiga adalah pengurangan paling besar-besaran dalam angkatan kerja, sehingga tak terelakkan, saya termasuk di dalamnya."

6. Kapan Anda Merasa Paling Puas dalam Melakukan Pekerjaan?
Pewawancara ingin tahu apa yang memotivasi Anda. Beri alasan terbaik.



Loading...
loading...

Leave a Comment