Jangan Pernah Buang Kulit Pisang Mulai Sekarang, 5 Manfaatnya Ini Ternyata Tak Disangka-sangka!

Kalau makan buah, pastinya akan dikonsumsi daging buahnya saja. Apa yang terjadi dengan kulitnya? Sudah pasti akan masuk ke tempat sampah. Tapi pernahkah berpikir ada manfaat lain dari biji atau kulit buah yang kamu makan? 

Tak hanya buahnya saja yang berguna karena bisa dimakan. Tapi kulitnya pun bisa diambil manfaatnya seperti yang dilansir dari Reader’s Digest. Manfaat kulit pisang terbilang mengagumkan.

Penasaran kan apa saja manfaatnya? Berikut ulasannya.

1. Bisa Dikonsumsi

via okezone.com

Bukan cuma bisa makan daging buahnya saja. Kulit pisang tentu tak akan mungkin akan kamu makann karena dianggap tak lazim. Akan tetapi kamu harus tahu bahwa pisang memiliki kandungan vitamin yang tinggi, seperti vitamin B6 dan B12, magnesium, potasium, serat, dan beberapa protein. Sehingga kulit pisang bisa dimakan.

 

Cara mendapatkan manfaat kulit pisang ini dengan mencucinya terlebih dahulu kemudian merebusnya selama  10 menit guna melunakkan teksturnya agar adi tipis dan gurih dimakan.

2. Mengenyalkan Daging

via tempo.co

Buat yang hobi masak, bisa manfaatkan kulit pisang ini untuk membantu mengenyalkan daging. Sudah tahukah akan hal ini?

Taruhlah kulit pisang dalam panci rebusan sebelum memasukkan daging di atasnya. Hal ini bertujuan agar daging tak mengering sehingga tak alot saat dimakan.

3. Dijadikan Pupuk

via tribunnews.com

Buat pecinta berkebun, bisa manfaatkan kulit pisang. Daripada dibuang percuma, lebih baik gunakan manfaat kulit pisang sebagai pupuk. Kuburkan beberapa kulit pisang di bagian tanaman. Kulit pisang ini akan memberikan nutrisi dan bantu mengusir hama tanaman.

4. Mengilapkan Sepatu

via mostepicstuff.com

Kalau ini dijamin sangat membantu di momen darurat. Saat tak tersedia semir sepatu, kamu bisa ambil manfaat kulit pisang ini dengan menggosokkannya di bagian permukaan sepatu. Kemudian bersihkan dengan kertas. Bisa jadi solusi di waktu yang mepet bukan?

5. Atasi Ruam

via rebalance.co.nz

Mengutip dari sebuah studi Journal of the Medical Association of Thailand ditemukan ekstrak kulit pisang yang punya sifat antiinflamasi. Sehingga bisa menekan iritasi dan gatal akibat serangga, sengatan matahari, ataupun ruam.

 

Gak nyangka banget ya, ternyata manfaatnya banyak dan berguna.

Loading...
loading...

Leave a Comment