Inilah yang Harus Dilakukan saat Terjadi Ledakan/Bom di Gedung

 Berdasarkan informasi yang kami dapatkan dari kedutaan Korea di luar negeri, mengenai hal-hal yang harus dilakukan saat menghadapi insiden ledakan atau bom, sebagai berikut:

· Jika terjadi ledakan di sarankan untuk jangan panik, segeralah telungkupkan badan ditanah dan lindungi diri anda. Saat bertelungkup, letakkan kedua lengan dan siku anda pada bagian tulang rusuk anda.

 

· Lindungi bagian disekitar dada anda seperti paru-paru dan jantung. Tutupi telinga dan kepala dengan tangan anda serta lindungi bagian leher dan punggung anda. Biasanya, pada peristiwa ledakan akan ada kemungkinan terjadinya ledakan kedua, maka jangan tergesa-gesa untuk bangun dari posisi telungkup. Pada situasi ini, sebaiknya anda bergerak dalam keadaan tetap bertelungkup.

· Beritahu orang-orang disekitar anda agar segera berlindung di tangga darurat yang arahnya berlawanan dari titik ledakan. Jangan menggunakan lift/elevator, gunakanlah tangga darurat. Gunakan salah satu sisi anak tangga saja (misal: sebelah kiri) ini untuk memudahkan tim pemadam kebakaran bisa bergerak melalui sisi anak tangga yang satunya tanpa harus bertabrakan dengan anda.

· Sebaiknya disarankan untuk matikan alat-alat elektronik yang dapat memicu ledakan, seperti handphone, radio, dan walkie talkie.

· Setelah berhasil keluar, berlindunglah pada jarak yang aman dari gedung tinggi yang runtuh dan 500 meter dari titik ledakan. Tidak menutup kemungkinan bom juga dipasang di jalur evakuasi, maka berlindunglah dan tetap berhati- hati. Jika terjadi ledakan di tengah-tengah proses evakuasi, hindari benda-benda yang terlempar dan runtuh.

Saat terjadi insiden baku tembak, pertama yang harus dilakukan adalah dengan mengambil posisi tiarap sambil memperhatikan keadaan di sekitar. Anda harus selalu menjaga posisi agar tetap merunduk/tiarap hingga keadaannya memungkinkan dan segera beri tahu orang-orang disekitar anda dan laporkan insiden ini kepada pihak kepolisian yang terkait.

Loading...
loading...

Leave a Comment