Inilah Dosa Bagi Wanita yang Berdandan seperti Laki-laki

Semakin majunya teknologi dan bercampurnya budaya global, orang-orang serasa bebas dalam berpakaian. Menurut mereka, berpakaian itu sesuai dengan karakteristiknya. Ada yang suka memakai kaos dengan celana jeans, mengecat rambut, mewarnai kuku, memakai rok, dan sebagainya.
 
Tak masalah jika orang ingin mengekspresikan dirinya melalui cara ia berpakaian. Tapi, dosa atau laknat akan diberikan kepada seorang wanita yang berdandan seperti laki-laki, dan laki-laki yang berdandan seperti wanita.
 
Dalam sebuah hadits shahih dari Ibnu Abbas Radhiallahu Anhu, dia berkata, "Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam telah melaknat laki-laki yang menyerupai wanita dan wanita yang berpenampilan seperti laki-laki." (HR Bukhari)
 
 
Dalam sabda Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam, "Ada tiga golongan manusia yang tidak dipandang oleh Allah Ta'ala pada hari kiamat, yaitu orang yang durhaka kepada orang tua, wanita yang menyerupai lak-laki, dan Dayuts (orang yang tidak punya rasa)." (HR An-Nasai)
 
Seorang wanita sudah dikodratkan memiliki tingkah yang lemah lembut dan lebih halus. Jangan merasa wanita itu lemah, sehingga harus menjadi seperti laki-laki.
 
Boleh jika memiliki pandangan dan wawasan seperti laki-laki, tak terkecuali juga keberanian seperti laki-laki, tapi sebaiknya jangan hilangkan kodrat sebagai wanita. Berpenampilanlah sesuai dengan kodrat, wanita seperti wanita dan lelaki seperti lelaki.
 
Wanita yang bepenampilan seperti laki-laki, biasa disebut wanita tomboy. Wanita yang tomboy tak hanya mirip cara berpakaiannya dengan laki-laki, ia juga memakai aksesoris milik laki-laki. Tak hanya itu, ia juga berperilaku dan berbicara layaknya laki-laki.
 
Seorang wanita menjadi tomboy bisa saja karena lingkungannya. Jika lingkungannya banyak wanita berpenampilan seperti itu, maka ia akan menirunya. Selain itu, pengaruh orang tua juga dapat menjadikan wanita menjadi tomboy.
 
Misalnya seorang ibu yang tomboy, maka anak perempuannya juga akan meniru. Jika ibu membangkang nasihat ayah, tak heran jika nanti anaknya juga akan membantah suaminya kelak.
 
Semoga ini menjadi pelajaran bagi kita semua dan semoga Allah Ta'ala melindungi kita dari segala perbuatan tercela dan menyimpang syariat. Aamiin.

Loading...
loading...

Leave a Comment