Inikah Alasan Jumat Tanggal 13 Jadi Hari Keramat?

Dalam setiap minggu, bulan bahkan sepanjang tahun kamu pasti bakal bertemu dengan hari Jumat kan? Yap, pastinya kita semua bakal melaluinya. Namun bila melihat kalender sekali lagi hari ini, tentunya kamu bakal nyadar kalau hari ini adalah jumat-13 atau yang biasa dikenal sebagai Friday 13th atau Black Friday.

 

Sebagian besar masyarakat di seluruh bumi ini memang menandai betul tanggal ini. Di mana, mereka bakal lebih berhati-hati atau bahkan sampai mengurung diri di rumah seharian. Sebab, di hari ini dipercaya betul sebagai hari yang penuh dengan kesialan atau jumat keramat.

 

Mungkin kalau di negara kita bakal setara dengan malam jumat kliwon kali ya? Bisa jadi setara, tapi membicarakan soal takhayul atau mistis memang tidak bakal ada habisnya. Namun, beberapa orang memang bertingkah seolah menghindari angka 13 yang bertepatan dengan hari jumat ini. Sebenarnya ada apa sih? Kok bisa sampai dikeramatkan begitu?

 

Tidak ada yang tahu persis sejak kapan ketakutan manusia soal angka 13 yang bertepatan dengan hari jumat ini dimulai. Hanya saja beberapa fakta yang pernah terjadi di masa lalu yang terkait dengan keburukan, kesialan dan mistis atau aneh seringnya hadir di hari jumat tanggal 13 tersebut. Karena begitu dipercaya, sampai ada film berjudul Friday the 13th 

 

Dari berbagai sumber mengatakan Friday 13th dikaitkan dengan jamuan makan malam terakhir, kode Hammurabi, kepercayaan Kabbalah hingga soal penyerangan berdarah organisasi yang dianggap sesat di Perancis pada jumat 13 Oktober tahu 1307 silam. Di mana setelah penyerangan itu, Raja Philip IV dan Paus yang menyetujui gerakan tersebut meninggal secara misterius.

 

Hanya itu? Tidak, masih ada lagi juga kepercayaan Mesir kuno yang menganggap angka 13 sebagai simbol dari kematian. Bahkan di hari itu pula, beberapa kepercayaan juga mengakui kisah Adam dan Hawa yang diturunkan ke bumi untuk diberi cobaan. Kemudian ada juga yang menghubungkan Friday 13th ini dengan pertemuan terdekat bumi dengan asteorid terbesar dalam sejarah yang diramalkan bakal terjadi pada Jumat, 13 September 2029, seperti dilansir melalui CNN.

 

Sebenarnya masih banyak lagi peristiwa-peristiwa aneh dan mengerikan di dunia terkait Friday 13th. Bahkan di negara kita saja nih, Tragedi Semanggi I juga terjadi pada hari tersebut. Waduh, kok mengerikan banget ya? Memang mengerikan sih, tapi namanya juga hidup di dunia yang berkutat dengan penanggalan Masehi. Tentu mau tidak mau, kamu bakal terus mengalami Friday 13th setiap tahunnya kan?

 

Jadi jangan dipikir terus-menerus saja. Sebab, dengan begitu kita bakal mengalami ketakutan berlebihan dan malah menderita gangguan psikologis seperti Triskadekaphobia (fobia pada angka 13). Alangkah baiknya sih, kalau kita anggap saja hari ini sama dengan hari-hari lain yang penuh dengan berkah dan banyak-banyak mendekatkan diri dengan sang pencipta saja deh. Bagaimana menurutmu?

 

 

Sumber : kapanlagi.com

Loading...
loading...

Leave a Comment