Ini Dia Cara Mengobati Sakit Gigi Berlubang Cepat Secara Alami

Di dalam gigi ada namanya pulpa gigi yang terdiri dari pembuluh darah, jaringan, dan saraf-saraf yang sensitif. Sakit gigi dapat terjadi ketika pulpa mengalami peradangan. Terkadang peradangan tersebut cukup parah, sehingga menyebabkan munculnya rasa linu, nyeri, dan bengkak di sekitar area gigi.

Peradangan itu sendiri dapat disebabkan karena berbagai faktor, antara lain adanya penumpukan nanah di bagian dasar gigi akibat infeksi bakteri (abses periapikal), gigi retak, penyusutan gusi, kerusakan gigi yang menyebabkan lubang, rusaknya tambalan, dan gigi yang terjepit antara gigi lainnya ketika tumbuh.

Mereka yang menderita sakit gigi berlubang biasanya akan mengalami gejala seperti nyeri di sekitar gigi dan rahang, pembengkakan, sakit kepala, bahkan sampai demam. Tingkat keparahan nyeri sendiri cukup bervariasi, mulai dari ringan sampai berat. Dan menurut kemunculannya, nyeri bisa timbul dan hilang secara terus-menerus (konstan) atau berulang-ulang.

Saya sendiri termasuk penderita sakit gigi berlubang. Ketika makan, rasa nyeri dan ngilu kadang muncul menyiksa. Terutama ketika mengonsumsi makanan yang terlalu panas atau terlalu dingin. Selain itu, disaat musim dingin seperti malam hari kadang rasa nyeri tersebut semakin parah dan menjadi-jadi, sehingga menyebabkan saya susah tidur malam hari.

Akan tetapi kamu tak perlu cemas, sebab kali ini saya akan mencoba share cara mengatasi sakit gigi berlubang secara alami. Ada banyak kok obat sakit gigi berlubang yang bisa kamu coba. Masing-masing obat gigi tradisional tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Lalu bagaimana cara mengobati sakit gigi berlubang secara alami itu? berikut informasi selengkapnya.

Ini Beberapa Cara Mengatasi Sakit Gigi Berlubang 

  1. Cara Mengobati Sakit Gigi Berlubang Dengan Air Garam

Dibalik rasanya yang cukup asin, ternyata garam bisa kita gunakan sebagai obat sakit gigi alami. Garam mengandung yodium tinggi yang dapat membantu meredakan rasa ngilu atau nyeri pada gigi. Bahkan dengan penggunaan rutin, garam dapat membantu membunuh kuman/bakteri penyebab sakit gigi.

Cara menyembuhkan sakit gigi dengan air garam:

  • Siapkan garam sebanyak 3-4 sendok makan.
  • Larutkan garam tadi kedalam segelas air hangat.
  • Aduk sampai terlarut secara sempurna, kemudian gunakan untuk berkumur selama 1 menitan.
  • Jangan mengunyah garam langsung, sebab penyebarannya tidak akan sampai ke sela-sela gigi.

Note: hentikan pemakaian jika sakit gigi sudah sembuh. Sebab penggunaan garam berlebihan dapat membuat gigi menjadi keropos.

  1. Cara Mengobati Sakit Gigi Berlubang Dengan Bawang putih

Bawang putih termasuk salah satu bumbu dapur yang memiliki sifat antiseptik cukup tinggi. Sifatnya inilah yang bisa membantu membunuh segala jenis kuman penyebab radang area gigi kamu. Bawang putih sudah dipercaya sejak dulu sebagai obat sakit gigi tradisional. So, kamu tak perlu meragukan khasiatnya.

Cara Mengatasi sakit gigi berlubang dengan bawang putih:

  • Sediakan bawang putih 1-2 siung (biji) saja.
  • Kupas bawang tadi, kemudian haluskan dengan menumbuknya.
  • Tempelkan ke area gigi yang sakit selama 10 menit.
  • Untuk hasil maksimal, kamu bisa menambahkan garam halus.
  • Kumurlah dengan menggunakan air hangat dan lihat hasilnya.

Note: bila tak ada bawang putih, kamu bisa menggunakan bawang merah. Sebab mereka berdua memiliki khasiat yang sama sebagai obat sakit gigi.

  1. Cara Mengobati Sakit Gigi Berlubang Dengan Belimbing wuluh

Tahukah kamu dengan belimbing wuluh? Ini adalah salah satu jenis buah belimbing yang memiliki rasa cukup masam. Memang belimbing wuluh rasanya sangat tak enak, tetapi justru ia mengandung antibakterial yang bisa membantu mengusir bakteri penyebab sakit gigi.

Cara Mengatasi sakit gigi dengan belimbing wuluh:

  • Siapkan belimbing wuluh 1-2 biji, pilih yang belum matang.
  • Haluskan dengan cara menumbuknya. Kemudian tempelkan ke area gigi yang sakit.
  • Diamkan selama 10 menitan, lalu bilas dengan kumur menggunakan air hangat.
  • Bila tak sakit, kamu pun bisa langsung mengunyah belimbing wuluh tadi.

Loading...
loading...

Leave a Comment