Hati-Hati! Kebiasaanmu Ini Bisa Menyebabkan Kanker Ovarium! Ketahui Apa Itu

Sebagai wanita kita sangat perlu tahu apa yang menjadi penyebab kanker ovarium berkembang. Sebab, kanker ini adalah salah satu jenis kanker pembunuh wanita tertinggi. Kanker ini seringkali diketahui jika sudah stadium lanjut karena gejalanya baru terlihat pada tahap itu. Sehingga mengapa kesempatan hidup penderitanya tipis.

Kanker ovarium merupakan jenis kanker yang tumbuh dan berkembang di indung telur atau ovarium. Tahun 2012 silam diperkirakan ada sekitar 239.000 kasus penyakit kanker ovarium baru di seluruh dunia. Sungguh mengerikan penyakit ini dan sangat perlu diwaspadai dengan cara menghindari penyebabnya.

Hingga saat ini ada beberapa faktor yang memungkinkan seseorang terkena kanker ovarium atau tumor ovarium. Faktor tersebut adalah riwayat keluarga, wanita usia menopouse, terapi pengantian hormon, endometriosis dan lainnya. Namun, selain itu ternyata ada faktor lain yang merupakan kebiasaan yang sering dilakukan oleh wanita.

Penjelasan tentang penyebab kanker ovarium

Penelitian terbaru oleh dokter dari Brigham and Women’s Hospital Boston mengungkapkan penyebab kanker ovarium. Penyebabnya adalah kebiasaan ini sering dilakukan wanita dan meningkatkan resiko sebesar 25% terhadap kanker ovarium.

 

Kebiasaan itu adalah memakai bedak tabur atau talcum powder atau bedak talc. Para peneliti telah menganalisa dari 8 studi berbeda. Termasuk dengan membandingkan 8.525 wanita yang didiagnosis terkena kanker ovarium yang menggunakan bedak tabur secara rutin dan 9800 wanita yang tidak menderita kanker apapun.

Hasil penelitian di Brigham and Women’s Hospital Boston ini diterbitkan dalam jurnal Cancer Prevention Research. Yang menyatakan bahwa pemakaian bedak tabur secara rutin setelah mandi bisa meningkatkan resiko terhadap kanker/ tumor ovarium sebesar 25%. Sebab, partikel pada bedak mudah diserap oleh kulit di sekitar ovarium.

Studi ini pun menemukan, lebih dari 40% wanita memakai bedak tabur sebagai kebiasaan sehari-hari. Tetapi, peneliti menegaskan bahwa temuan mereka hanya berpatok pada pemakaian bedak tabur di bagian genital saja, bukannya seluruh tubuh.

Alasan kenapa bedak tabur menyebabkan kanker ovarium?

Lantas mengapa bedak tabur atau talcum powder bisa menjadi penyebab kanker ovarium? Bedak ini terbuat dari talc yakni mineral yang terdiri atas unsur silikon, magnesium dan oksigen. Bubuk tersebut secara efektif bisa menyerap kelembaban dan membuat kulit kering serta mudah membentuk ruam. Unsur-unsur ini sangat umum digunakan dalam bahan produk kosmetik, tak terkecuali bedak bayi.

Bahkan di beberapa produk bedak ditemukan kandungan asbes alami yang bisa menyebabkan kenker paru-paru apabila terhirup. Diduga partikel-partikelnya mampu bertahan di dalam organ paru-paru sampai 8 tahun. Dan sama yang terjadi bila bedak diaplikasikan pada bagian genital. Sungguh mengerikan, alih-alih menghilangkan kelembaban, ternyata justru menyebabkan penyakit serius.

Kamu harus bisa menghindari penyebab kanker ovarium ini agar tidak terserang penyakit yang bisa mengancam hidupmu. Sebaiknya, gunakan bahan celana yang berbahan mudah menyerap keringat dan sehat. Sehingga mampu mnegatasi kelembaban pada area genital dan tidak menyebabkan penyakit.

Loading...
loading...

Leave a Comment