Biji Semangka Ternyata Memiliki Sejuta Manfaat

Udara yang panas seperti saat ini rasanya sangat pas untuk mengonsumsi buah semangka. Buahnya yang banyak mengandung air sangat baik untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang akibat aktivitas yang kita lakukan.

Tapi tahukah kamu, buah yang memiliki nama latin Citrullus vulgaris schard ini bukan hanya daging semangka saja yang dapat kita makan, tetapi bijinya pun memiliki manfaat. Berikut ini rahasia sehat di balik biji semangka:

1.     Sumber asam amino alami

Tubuh manusia membutuhkan asam amino untuk berbagai fungsi tubuh. Tubuh mendapatkan asam dalam bentuk asam glutamat dan tryptophan. Meskipun itu bisa didapat dari obat-obatan yang tersedia hari ini, tetapi dokter selalu menganjurkan untuk mendapatkan asam dari sumber alami. Biji semangka adalah sumber alami asam itu. Dengan mengonsumsi biji semangka dapat meningkatkan sistem metabolisme, kesehatan seksual, dan sistem organ kardiovaskular.

2.     Persediaan magnesium

Magnesium adalah salah satu mineral yang paling penting yang dibutuhkan tubuh setiap hari. Menurut pendapat ilmu kedokteran, 100 gram biji semangka menyediakan 139% dari jumlah yang diperlukan magnesium untuk tubuh. Hal ini dapat mempercepat metabolisme, sintesis protein, dan menormalkan tekanan darah. Selain itu juga dapat mengontrol diabetes dan hipertensi.

3.     Kesehatan seksual

Ini adalah salah satu manfaat kesehatan yang paling signifikan dari biji semangka. Biji ini mengandung lycopene dan beberapa vitamin. Ini sangat baik untuk tujuan seksual. Meningkatkan kapasitas kesuburan pria. Kehadiran beberapa vitamin yang cukup baik untuk mendapatkan darah yang sehat. Mereka mempertahankan aktivitas sistem saraf dan membangun sistem kekebalan tubuh lebih kuat.

4.     Melawan diabetes

Jika kamu menderita diabetes, maka rebus biji semangka dalam air selama 40-45 menit. Ini  dapat kamu nikmati sama seperti teh setiap hari. Hal ini dapat memperbaiki kekurangan yang menimbulkan diabetes.

5.     Mempertajam memori

Biji semangka dapat membangun kekuatan memori. Mengkonsumsi biji  semangka dapat membantu mempertajam daya retensi ingatan.

6.     Mengandung protein

Tak disangka, meski kecil, nyatanya biji semangka mengandung banyak sekali zat bermanfaat seperti protein. Protein yang terkandung dalam biji semangka ini terdiri dari beberapa komponen serta varian asam amino. Adanya protein asam amino tersebut hingga saat ini diklaim mampu mengobati penyakit jantung koroner. 

7.     Lemak 

Dalam biji semangka, ditemukan pula zat lemak yang terbagi menjadi 3 bagian yaitu asam lemak omega-6, lemak tak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh ganda. Fungsi lemak yang terdapat pada biji semangka ini adalah untuk mengurangi tekanan darah tinggi.

8.     Serat Dan Vitamin B

Dalam berbagai penelitian internasional, didapatkan hasil bahwa di dalam biji semangka terdapat banyak sekali zat bermanfaat, salah satunya adalah serat dan juga vitamin B. Vitamin B yang umum ditemukan pada biji semangka adalah Niacin yang berperan dalam membantu kinerja sistem syaraf dan juga menjaga kesehatan pencernaan serta kesehatan kulit

Loading...
loading...

Leave a Comment