Benarkah Bagian Tubuh Yang Memar Tanpa Sebab Karena Dijilat Setan?

Apakah kamu pernah merasakan munculnya memar tertentu di beberapa bagian tubuhmu padahal tidak merasa mengalami benturan? Bila hal ini terjadi, seringkali kita mendengar kesimpulan seperti bahwa hal tersebut disebabkan karena dijilat atau dicubit oleh setan. Tapi benarkah pendapat ini?

Ternyata para ahli kesehatan memiliki pandangannya sendiri terkait hal ini. Munculnya beberapa memar di tubuh bukanlah karena pekerjaan mahluk gaib namun karena itu adalah sebuah tanda yang diberikan oleh tubuh terkait kondisi kesehatan orang yang bersangkutan. Namun untuk lebih jelasnya, berikut adalah penjabarannya.

Kenapa Memar tiba-tiba bisa muncul?

Pada dasarnya, memar terjadi ketika pembuluh darah mengalami kerusakan atau pecah akibat benturan yang dialami oleh kulit di luarnya. Pemecahan pembuluh darah ini membuat darah yang mengalir di dalam pembuluh tersebut keluar dan berkumpul di titik kerusakan.

Bisa dikatakan kalau hal ini adalah reaksi tubuh apabila mengalami cedera. Namun di beberapa kasus, memar bisa tiba-tiba terjadi tanpa pemicu yang jelas. Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor lainnya baik itu ringan ataupun serius.

Apa saja faktor penyebab yang dimaksud?

Ada beberapa hal yang menyebabkan munculnya memar di kulit secara tiba-tiba. Penyebab tersebut antara lain:

1. Kekurangan nutrisi

Munculnya memar bisa jadi merupakan pertanda bahwa adanya kekurangan berbagai nutrisi yang terkandung dalam tubuh. Kekurangan itu mencakup vitamin K sebagai salah satu zat yang membantu proses pembekuan darah ataupun mengindikasikan kalau tubuh kekurangan Vitamin C yang berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Bila tubuh kekurangan salah satu atau malah kedua dari sumber Vitamin ini maka akan memicu kerusakan pembuluh darah ataupun penggumpalan darah yang membuat tubuh menjadi mengeluarkan memar. Selain itu memar juga mungkin mengindikasikan kalau tubuh kekurangan nutrisi penting lainnya seperti Mineral dan Bioflavonoids.

2. Paparan sinar matahari secara langsung

Radiasi sinar Ultra Violet dapat merusak kulit serta pembuluh darah. Hal ini dapat memicu munculnya memar pada kulit. Kondisi ini lebih beresiko bagi mereka yang berusia lanjut.

3. Usia

Penyebab lainnya munculnya memar adalah karena faktor usia. Hal ini disebabkan oleh seiring berjalannya waktu maka dinding pembuluh menjadi semakin lemah. Kondisi ini juga bisa diperburuk dengan kebiasaan yang tidak baik seperti mengonsumsi alkohol ataupun merokok.

Baca Juga :  Demi Ikutan Nge-Trend, Pramugari Ini Dibully

4. Faktor Keturunan

Dalam beberapa kasus, munculnya memar yang datang secara mendadak tanpa alasan bisa jadi karena faktor keturunan. Beberapa orang memiliki jenis kulit yang dapat memar dengan mudah atau bahkan tanpa alasan spesifik.

5. Cedera

Walaupun tanda memar kadang muncul di saat kita merasa tak merasa cedera di hari yang sama, bisa jadi hal tersebut karena cedera yang kita alami beberapa hari sebelumnya. Kondisi ini dapat terjadi apabila pada awalnya pembuluh hanya rusak sedikit, namun karena kurangnya beberapa nutrisi untuk menyembuhkannya sehingga itu sebabnya kerusakan memburuk seiring berjalan waktu. Alhasil memar baru terlihat beberapa saat tertentu setelah cedera.

6. Efek obat-obatan

Mengosumsi beberapa jenis obat seperti warfarin dan aspirin juga dapat memicu timbulnya memar. Hal ini karena obat-obatan ini dapat menyebabkan pengenceran pada darah yang dapat memicu terjadinya pendarahan.

7. Penurunan berat badan

Pada beberapa kasus, terjadinya memar bisa disebabkan oleh penurunan berat badan. Karena lemak dalam tubuh seperti sistem bantalan dalam tubuh yang dapat melindungi pembuluh darah.

8. Olahraga yang berlebihan

Terlalu keras dalam berolahraga juga dapat memicu terjadinya memar. Hal tersebut dapat merusak jaringan dalam tubuh dimana pecah pembuluh darah menjadi salah satu hal yang mungkin terjadi.

9. Penyakit gangguan darah

Dari semua yang telah dijabarkan, hal berikut ini adalah yang paling patut untuk diwaspadai. Karena terjadinya memar pada kulit mungkin saja menandakan bahwa tubuh terjangkit beberapa penyakit beresiko seperti Sepsis, trombositopenoia, hemophilia, leukemia, dan disfungsi trombosit. Hal ini berbahaya karena beberapa penyakit di atas adalah penyakit yang mematikan.

Apa yang dapat dilakukan untuk menghilangkan memar?

Pada umumnya, memar yang muncul tiba-tiba bukanlah pertanda yang berbahaya dan dapat hilang dalam beberapa hari.

salah satu cara mengobati kulit yang memar

salah satu cara mengobati kulit yang memar [source]

Namun apabila kamu merasa terganggu dengan munculnya tanda berwarna merah kebiruan ini di tubuh kamu, sebenarnya ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkannya.

 

  1. Kompres dengan air dingin
  2. Kompres dengan air hangat
  3. Dinginkan dengan lidah buaya atau bawang merah.
  4. Perbanyak mengosumsi makanan yang mengandung vitamin C dan K

Namun, apabila kiat di atas tidak membantu atau bahkan malah membuat memar yang anda alami semakin parah maka sebaiknya anda mulai memeriksakan diri ke dokter. Karena bisa jadi kalau memar itu adalah tanda awal munculnya berbagai penyakit.

Loading...
loading...

Leave a Comment