Bagaimana Caranya Ikan tidur, Padahal Matanya Selalu Terbuka?

Pernahkah kamu berfikir bagaimana caranya ikan bisa tidur , padahal matanya selalu terbuka? Buat kamu yang benar benar penasaran coba simak ulasan berikut ini untuk menemukan jawabannya

Pada dasarnya ikan juga merupakan mahluk ciptaan Tuhan yang bisa mlelah dan butuh istirahat. Ikan pada dasarnya juga membutuhkan waktu tidur hanya saja prilaku tidur ikan dan manusia berbeda.

Mungkin jika manusia dikatakan tidur ketika dirinya menutup matanya dan dalam waktu yang cukup lama yakni waktu tidur manusia maksimal 6 jam/hari. Berbeda dengan ikan yang hanya memiliki waktu tidur beberapa menit saja namun dilakukan secara sering. Dan mungkin buat kamu yang ingin tahu bagaimana kronologis ikan bisa tidur,seperti yang dilansir dari Merdeka.com, berikut ini diantaranya :

Ikan Juga Seperti Manusia

Sejatinya ikan juga manusia yang butuh waktu tidur. Mungkin buat kamu yang memang benar benar penasaran bagaimana cara ikan tidur. Cobalah untuk melihat ikan yang ada di akuarium. Pada saat itu , coba kamu pandangi agak lama ikan-ikan yang ada di dalamnya. Pasti ada saat-saat tertentu mereka akan berdiam melayang di satu tempat. Dan keadaan seperti inilah yang menjadi cara ikan tidur.

Bahkan ketika di malam hari, ikan akan memiliki waktu tidur yang lama sembari pemiliknya juga tertidur. Di suasana yang tenang , lampu di matikan ikan akan mulai turun ke bagian dasar akuarium dan tidur di sana.

Dan untuk kamu yang ingin benar benar membuktikan teori ini, cobalah lakukan di malam hari saat ikan-ikan itu tidur suara yang tenang dan lampu di matikan. Namun kamu bisa memasukkan pakan ke dalam air. Dan pastinya ikan itu membutuhkan waktu lama untuk menghampiri pakan karena ikan yang tidur tidak sadar adanya pakan yang dimasukan.

Ikan Tak Punya Kelopak Mata

Mungkin kamu penasaran kenapa ikan selalu terbuka matanya dan seperti tidak tidur, ini dikarenakan ikan tidak punya kelopak mata karena ini merupakan hasil dari proses evolusi sehingga matanya pun selalu terbuka. 

Dan seperti yang kita ketahui jika kelopak mata bertugas untuk melindungi mata dari kotoran dan menjaga mata agar tetap lembab sehingga bisa berfungsi normal. Namun karena ikan hidupnya di air sehingga dirinya tidak membutuhkan kelopak mata . Sebab kelopak mata akan tetap basah dan tidak terkena paparan sinar matahari secara langsung.

Meski Tidur Akan Tetap Bergerak

Dan salah satu keunikan yang ada di dalam diri ikan ketika tidur yakni dia akan tetap bergerak walaupun dalam keadaan tidur. Kondisi seperti ini merupakan cara ikan untuk tetap menjaga pasokan air masuk ke dalam insang sebagai sumber pernapasan sehingga dala keadaan tidur pun ikan akan menggerakkan sirip depan mereka.Namun setiap jenis ikan memiliki cara tidur yang berbeda beda yakni ada jenis ikan yang memilih tidur di dasar perairan, ada yang mengapung di dekat permukaan air, bahkan ada yang masuk dalam karang.

Nah, kesimpulannya ikan juga memiliki waktu tidur sama seperti manusia dan hanya prilaku tidurnya saja yang berbeda tidak seperti manusia yang jika sudah tidur maka akan berkurang respon tubuh di dalamnya.



Loading...
loading...

Leave a Comment