Atasi Gatal Pada Selangkangan dengan Mudah

Gatal pada selangkangan, baik pada pria atau wanita, adalah sesuatu yang sangat mengganggu. Terlebih bila gatal tersebut diakibatkan oleh jamur. Jamur pada selangkangan mengakibatkan iritasi dan rasa gatal luar biasa. Tentunya saat gatal menyerang anda juga tidak bisa leluasa untuk menghilangkan rasa gatal tersebut. Diperlukan cara efektif untuk masalah gatal pada selangkangan.
 
Cara termudah adalah dengan menggunakan obat obatan yang dijual di apotek. Menjaga kebersihan pakaian terutama adalah cara lain untuk mengatasi gatal pada selangkangan. Sebelum membahas cara mengatasi gatal pada selangkangan, tidak ada salahnya apabila mengetahui kenapa jamur atau iritasi terjadi di selangkangan.
 

Penyebab Gatal Selangkangan

Kurang Higienis
Gatal pada daerah selangkangan dapat ditimbulkan karena kurangnya kebersihan. Misalnya saja keringat setelah berolahraga. Daerah paha atas akan lembab setelah melakukan aktifitas yang cukup banyak menimbulkan keringat. Kelembaban inilah yang disukai jamur untuk tumbuh dan berkembang biak pada daerah paha dan selangkangan.
 
Alergi Makanan
Selain kurang bersih, alergi pada makanan tertentu bisa mengakibatkan gatal gatal pada selangkangan. Apabila anda mempunyai riwayat alergi pada suatu makan, misalnya saja telur, ikan, jamur, seafood atau makanan jenis lainnya, maka kondisi ini juga bisa memicu timbulnya gatal pada selangkangan. 

Pakaian Ketat
Pakaian ketat yang digunakan, khususnya didaerah selangkangan bisa menimbulkan gatal karena iritasi. Belum lagi bila menggunakan celana dalam dari bahan yang tidak cocok dan tidak menyerap keringat, hal ini bisa menimbulkan ketidak nyamanan, iritasi, dan rasa gatal. Pemilihan bahan juga menjadi penyebab iritasi pada daerah selangkangan, karena bahan yang tidak cocok akan mengakibatkan daerah tersebut lembab yang pada akhirnya akan menimbulkan rasa gatal.
Tiga penyebab gatal di atas bisa dijadikan tindakan preventif untuk mengatasi gatal pada selangkangan. Berikut adalah beberapa cara yang bisa digunakan untuk
 
mengatasi jamur pada selangkangan.
 

Cara Mengatasi Gatal Selangkangan

Mengganti pakaian dalam paling tidak 2 kali sehari. Apabila anda melakukan olahraga, maka dianjurkan untuk mengganti pakaian dalam dan celana dengan yang kering. Harus diingat bahwa jamur timbul karena daerah paha dan selangkagan yang lembab.
 
Mandi 2 kali sehari. Mandi bisa membersihkan tubuh dari kuman kuman yang menempel dengan efektif. Ingatlah untuk mengeringkan tubuh dengan handuk bersih dan membersihkan tubuh dengan merata, terutama pada daerah paha dalam atau selangkangan.
 
Gunakan celana dalam yang menyerap keringat. Menggunakan bahan celana dalam yang nyaman dan menyerap keringat akan membantu mengurangi timbulnya jamur pada daerah paha dalam bagian atas. Bahan celanan dalam yang panas dan tidak menyerap akan membuat daerah paha dan selangkangan menjadi lembab dan jadi tempat paling disukai jamur untuk tumbuh.
 
Hindari makan makanan yang menyebabkan alergi. Hal ini penting dilakukan karen apabila anda mengalami atau mempunyai riwayat alergi maka makan makanan tersebut dapat mengakibatkan dampak lebih buruk. Kemungkinan gatal tidak hanya timbul pada daerah paha atas bagian dalam saja namun juga pada daerah lain seperti kaki, tangan, leher dan punggung. 
 
Gunakan obat jamur. Obat obat tesesbut bisa dibeli di apotek. Beberapa obat jamur dengan kandungan zat efektif harus menyertakan resep dokter, namun jangan khawatir karena di Indonesia, hampir semua obat bisa dibeli tanpa menggunakan resep dokter. Harus diingat bahwa mengobati jamur harus dilakukan secara menyeluruh karena apabila masih ada sisa jamur maka jamur akan tumbuh agi dan gatal bisa kembali, bahkan lebih parah. Disarankan untuk menyimpan obat gatal sebagai tindakan pencegahan.
 
Menjaga nutrisi makanan untuk meningkatkan imun tubuh. Cara ini cukup efektif karena imun tubuh yang bagus akan membuat diri kita tidak mudah sakit. Pilih makanan yang banyak mengandung serat dan vitamin. Bila bisa kurangi makanan instan dan cepat saji karena kedua jenis makanan ini tidak baik untuk kesehatan. Selain itu rajin olahraga juga bisa menjaga kesehatan tubuh, sel sel tubuh akan lebih fit dan tidak akan mudah terserang penyakit.
 

Loading...
loading...

Leave a Comment