Astaga! Penampakan Tornado di Cirebon Ternyata Bukan yang Pertama!

Penampakan tornado di laut Cirebon ternyata bukan kali pertama. Tahun lalu, di Pantai Kejawanan Cirebon juga muncul tornado.

Namun, ukurannya tidak lebih besar dari tornado yang muncul pada Rabu (29/11/2017) kemarin. Salah seorang pedagang di Pantai Kejawanan, Nuraeni (45) mengatakan tornado pernah terjadi pada musim hujan tahun kemarin. Namun, menurut Nuraeni tornado tahun ini jauh lebih besar dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

"Tahun kemarin juga ada. Tapi kecil, geraknya cepat langsung menghilang. Kalau ini kan diam di laut lama mas," kata Nuraeni seraya menunjuk lokasi terjadinya tornado saat ditemui detikcom di Pantai Kejawanan Cirebon, Kamis (30/11/2017).

Sejumlah pedagang dan nelayan di Pantai Kejawanan, diakui Nuraeni sempat berteriak ketika melihat tornado. "Kaget pertamanya saja, sambil doa-doa biar enggak ke sini. Alhamdulilah perginya ke timur. Setelah pergi sih biasa lagi," katanya.

Senada disampaikan Ismail (42) salah seorang nelayan di Pantai Kejawanan Cirebon. Ismail mengatakan, tornado tahun ini lebih besar dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Bahkan, Ismail mengaku terbiasa melihat tornado.

"Kalau di Kejawanan sudah dua kali, tahun kemarin sama sekarang. Yang (tornado) ini awalnya air dari bawah munjuk (ke atas) terus tambah gede," ucapnya.

Ismail juga menjelaskan dirinya sebagai nelayan sudah terbiasa melihat tornado. "Kalau di lau biasa, tapi di pantai ini baru dua kali. Yang pertama itu geraknya cepat terus menghilang. Ini kan lama sekitar 15 menitan," ucapnya.

Video penampakan tornado di laut Cirebon menjadi viral di media sosial (medsos). Warganet dihebohkan dengan kemunculan tornado tersebut.

Salah satu pemilik akun instagram __ibes menggugah video dan foto penampakan tornado di laut Cirebon, tepatnya wilayah Pantai Kejawanan. __ibes menulis keterangan bahwa tornado di laut Cirebon itu terjadi sekitar pukul 15.10 WIB, Rabu (29/11). Dalam unggahannya itu __ibes menggambarkan tornado yang ia rekam terlihat sangat jelas jika dilihat secara langsung.

"Asli liat langsungnya itu lebih jelas banget. Dari air yang kesedot sampai nyembur lagi. Dari air yang surut sampai lanjut lagi. Terjadi sekitar 10-15 menit lamanya," tulis __ibes dalam unggahannya. __ibes juga memberikan keterangan lokasi, video dan foto itu ia ambil saat berada di Pelabuhan Perikanan Nusantara Kejawanan Cirebon. Unggahannya pun direpost sejumlah akun instagram lainnya.

Dihubungi terpisah Koordinator BPBD Kabupaten Cirebon, Fauzan menyebutkan, angin puting beliung yang terjadi di Cirebon merusak dua papan reklame dan dua rumah milik warga, tepatnya di desa Waruduwur, Kecamatan Mundu dan Astanamukti, Kecamatan Pangenan.

"Dua palan reklame rusak di depan pintu keluar Tol Kanci. Tidak ada kerusakan berat. Genting di dua toko yang berda di desa tersebut juga ada yang rusak. Dua rumah rusak di Desa Astanamukti dann Desa Waruduwur," katanya melalui pesa singkat, Kamis (30/11/2017). (avi/avi)



Loading...
loading...

Leave a Comment