Astaga, 5 Fakta Tentang Ayam Cemani Ini Dijamin Bisa Bikin Kamu Melongo

Bagi kalangan pecinta binatang ayam pasti tidak asing lagi dengan ayam cemani, karena ayam ini tergolong dari sebagian ayam yang memiliki keunikan yang tidak bisa di anggap remeh. Jika pada umumnya ayam itu di nilai dari corak warna bulunya yang berwarna-warni, maka untuk ayam cemani justru di lihat keunikannya dari warnanya hitam yang membalut pada seluruh tubuhnya.

 

Warna hitam konon katanya tidak hanya membalut seluruh tubuhnya seperti dari mulai jengger hingga sampai pada kuku kakinya, namun juga termasuk dengan dagingnya juga berwarna hitam. Keunikan ini konon katanya yang membuat harga dari ayam ini tergolong cukup mahal, bahkan hingga mencapai puluhan juta. Keunikan yang di miliki ayam cemani ternyata juga tidak luput sering di kaitkan dalam hal mistis, banyak yang mencari ayam ini untuk menjalankan sebuah ritual khusus. Agar kamu lebih jelas mengetahui seluk beluk ayam cemani, yuk simak ulasan berikut yang membahas beberapa fakta unik tentang ayam cemani.

1. Warna Hitam Ayam Cemani Juga Sampai Pada Dagingnya

Salah satu daya tarik dari ayam cemani adalah warna hitam di sekujur tubuhnya, termasuk dari mata, lidah, paruh dan lainnya yang bisa kita lihat. Tidak hanya dari anggota tubuh yang bisa dilihat saja yang berwarna hitam, melainkan dari bagian dalam tubuhnya juga berwarna hitam. Inilah keunikan dari ayam cemani, hitam di sekujur tubuhnya merasuk hingga ke dalam dagingnya, bahkan kedalam oragan tubuh lainnya.

dading ayam cemani
dading ayam cemani [ image source ]

Bagi sebagian orang beranggapan bahwa ayam ini adalah merupakan ayam kutukan, oleh karena itu semua bagian tubuhnya menjadi hitam hingga ke dalam dagingnya. Tapi menurut ilmu pengetahuan, warna hitam yang ada pada ayam cemani ini bisa di jelaskan secara ilmiah. Salah satu penyebabnya adalah karena ayam ini mengalami perubahan kondisi genetika unik bernama Fibromelanosis yang cenderung membuat ayam cemani memiliki banyak pigmen berwarna hitam, itulah sebabnya ayam cemani berwana hitam pekat.

2. Harga Ayam Cemani Sungguh Fantastis

Salah satu keunikan yang di miliki oleh ayam cemani ini mungkin tidak di miliki oleh ayam jenis lainnya. Faktor keunikannya tersebut membuat harga dari ayam ini tergolong sangat fantastis, bahkan di bandrol dengan harga hingga puluhan juta. Bahkan pernah ada transaksi jual beli ayam cemani mencapai harga jual semahal dengan harga motor sport.

Ayam Cemani sangat mahal harganya
Ayam Cemani sangat mahal harganya [ image source ]

Ayam cemani ternyata tidak hanya di minati oleh Masyarakat Indonesia saja, banyak dari pecinta ayam di luar Indonesia juga banyak yang melirik keunikan dari ayam cemani. Ayam ini bisa laku di luar negeri hingga mencapai 25 juta ke atas. Untuk harga anakan dari ras ayam cemani ini biasa di jual dengan kisaran harga1 sampai 2 juta untuk usia 1 minggu hingga usia 1 bulan.

3. Cemani adalah Ras Ayam Yang di Kagumi Dunia

Keunikan dari ras ayam cemani tidak hanya di kagumi dan tenar di kalangan masyarakat Indonesia saja, melainkan juga di kagumi oleh orang luar negeri. Keunikannya memikat banyak orang di beberapa belahan dunia seperti Eropa dan juga Amerika. Tidak sedikit orang dari kawasan tersebut telah mengkoleksi dari ras ayam cemani asal indonesia ini.

ayam cemani di kagumi dunia
ayam cemani di kagumi dunia [ image source ]

Komunitas penghobi ayam cemani kini sudah tergolong sangat banyak di luar negeri, bahkan ras ayam ini juga sudah banyak jumlah populasinya. Bahkan populasi di luar negeri kini lebih banyak ketimbang populasi di Indonesia yang kini semakin langka. Bahkan faktor kelangkaan tersebut yang menjadikan harga dari ayam ras cemani di Indonesia ini menjadi mahal.

4. Ayam Cemani Pembawa Sial

Keunikan dari ayam cemani ternyata tidak serta merta membuat ayam ini di sukai banyak kalangan masyarakat. Mungkin bagi pecintanya ayam ini termasuk ayam yang sangat di sayanginya, namun untk sebagian orang ayam ini ternyata juga di takuti untuk di pelihara lantaran katanya bisa membawa sial. Tidak sedikit orang yang beranggapan bahwa ayam cemani adalah ayam yang di sukai juga oleh jin dan setan.

ayam cemani pembawa sial
ayam cemani pembawa sial [ image source ]

Mungkin mitos ini sedikit tidak masuk akal, tapi tidak sedikit kalangan masyarakat yang mempercayai bahwa ayam cemani itu dapat membawa sial. Tidak terlepas dari mitos ayam cemani di sukai oleh jin dan setan, fakta lain menunjukkan bahwa ayam cemani sering di jadikan syarat dalam ritual tertentu sebagai sesajen. Bahkan banyak yang mengatakan ayam ini di gunakan sebagai ritual sesajen dalam ritual ilmu hitam yang merupakan syarat permintaan dari jin dan setan.

5. Ayam Cemani Menangkal Sihir dan Pembawa Keberuntungan

Mungkin di satu sisi ayam cemani banyak di katakan oleh orang sebagai pembawa sial, namun ternyata sebagian mempercayai bahwa ayam cemani bagus untuk di pelihara agar terhindar dari berbagai ilmu sihir. Selain itu banyak yang juga dari sebagian orang yang mempercayai bahwa ayam cemani ini adalah hewan pembawa keberuntungan. Mungkin pembawa keberuntungan sangat berbanding terbalik dengan pembawa sial dalam bahasan sebelumnya, tapi tidak sedikit orang yang mempercayai ayam cemani itu pembawa hoki.

ayam cemani pembawa keberuntungan
ayam cemani pembawa keberuntungan [ image source ]

Selain membawa hoki, ayam ini juga di percayai dapat mengusir jin dan setan di sekitar rumah termasuk dengan ilmu hitam seperti santet dan lainnya. Mungkin dapat di tarik kesimpulan bahwa kenapa banyak ritual yang meminta syarat dengan adanya ayam cemani, salah satu faktornya mungkin ayam ini adalah jenis ayam yang merupakan musuh dari jin dan setan, oleh karena itu mungkin jin dan setan ingin sekali makan daging dari musuhnya.

Nah sahabat iyakan.com, itulah beberapa ulasan yang membahas tentang keunikan dari ayam cemani. Sesungguhnya ayam dari ras cemani ini sudah mulai langka keberadaannya di Indonesia, itulah mungkin yang menyebabkan ayam ini di bandrol dengan harga yang sangat tinggi. Tapi meskipun harganya yang tinggi, bagi para penghobinya memiliki ayam cemani adalah suatu kebanggan tersendiri. Mungkin ini adalah hobi yang bisa di jadikan investasi karena kelangkaan dari spesies ini sudah mulai sedikit keberadaannya.

Loading...
loading...

Leave a Comment