Apa Yang Terjadi Jika Bulan Meledak?

Menurut astronom, Bulan memang terancam tertabrak asteroid yang bisa membuatnya hancur. Namun bagaimana jika kita sendiri yang ternyata ingin menghancurkan Bulan ? Entah karena alasan apa, mungkin dimasa depan boleh jadi ini jadi kenyataan.

Untuk menghancurkan Bulan, kita setidaknya membutuhkan TNT sebanyak 30 triliun megaton. Jumlah peledak yang sangat mengerikan bukan.

Namun walaupun dengan jumlah TNT yang sebanyak itu, Bulan tetap tidak akan hancur dalam kepingan-kepingan super kecil. Bongkahan besar dari sisa ledakan tetap akan berkumpul di sekitaran ‘wilayah’ bulan karena gaya Gravitasinya.

Lalu apa yang terjadi jika Kita atau bahkan serangan dari Asteroid mampu benar-benar meluruhkan Bulan ? yuk ah kita caritahu di ramunik, check it out

1. Bumi jadi Saturnus

Yaap, jika bulan berhasil dihancurkan sampai pada kepingan yang cukup kecil. Maka serpihan-serpihan nya akan tertarik oleh Gravitasi Bumi dan Rotasi Bumi akan membuat serpihan Bulan membentuk Ring/Cincin seperti Cincin Saturnus.

2. Bumi Rentan Serangan
Setiap harinya meteor dan asteroid berkeliaran disekitar Bumi dan Bulan. Dan sejak dahulu kala Bulan telah melindungi kita dari serangan Asteroid. Asteroid besar dan kecil yang bisa saja mengerah ke Bumi tertahan dan membentur Bulan, karenanya seperti kita ketahui bahwa di Bulan begitu banyak kawah-kawah akibat tumbukan benda angkasa.

3. Lautan terganggu
Sejak dulu Gravitasi Bulan membantu Bumi membentuk ‘kehidupan’ nya sendiri. Salah satunya Lautan dan Kutub. Berkat Bulan kutub utara dan selatan perlahan terbentuk dan membantu menyeimbangkan Suhu Bumi.

Berkat Bulan juga Lautan Berombak. Ombak ini sangat vital bagi kehidupan didasar laut. Ombak yang membentuk Arus di laut akan membawa sumber makanan dan benih-benih mahluk hidup dasar Laut.

Jika ini terganggu, maka kehidupan mahluk didarat tinggal menunggu hitungan hari saja.

4. Orbit dan Rotasi Kacau
Bulan sendiri bertindak sebagai penyeimbang gerakan orbit dan Rotasi Bumi. Orbit Bumi mengitari matahari akan terganggu dan menjadi tidak stabil, efeknya bisa saja kita terpelanting jauh dari matahari atau jatuh ke matahari. Lalu Rotasi, bersiaplah mengalami pergantian Siang-malam yang kacau dan juga berakibat pada perubahan suhu yang ekstrim.

Apa kesimpulan yang sahabat ramunik dapat ? yupzz Bumi sangat bergantung kepada Bulan. Jadi kita tidak akan betahan hidup jika sampai Bulan hancur berkeping akibat Nuklir maupun hantaman Asteroid.

Loading...
loading...

Leave a Comment